Mobil Bekas Depok

Tips SEO Google Panda atau Penguin Update


Tips SEO Google Panda atau Penguin Update - Baru-baru ini Google telah merilis algoritma update baru difokuskan untuk pelanggar pedoman Google yang disebut dengan Penguin Update. Tugas utama Penguin Update ini adalah untuk membabat habis situs-situs Webspam yang kerap melakukan over optimasi yang tentu saja sangat menggangu pada hasil pencarian organik. Namun sangat disayangkan, bukan hanya situs webspam saja yang menjadi target Penguin Update namun situs atau blog yang melakukan optimasi secara natural juga terkena dampaknya dan dianggap over optimasi, termasuk LM sendiri ikut merasakan dampak ini, mulai dari halaman untuk keperluan kontes Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda yang dioptimasi tidak mendapat tempat bagus di SERP, bahkan masih di antah berantah dan sampai penurunan trafik yang cukup drastis. Ya paling tidak artikel untuk kontes itu masih di indeks oleh Google,, siapa tau nanti si mbah sedang berbaik hati kepada LM, sambil terus berharap dapat SERP bagus setelah Google Panda atau Penguin Update ini. :)

Lalu bagaimana cara menghadapi Google Panda atau Penguin Update ini? Sebenarnya Google telah memberikan banyak panduan dan elaborasi pada pedoman kualitas dalam pusat bantuan Google yang baik untuk mengoptimalkan suatu halaman (SEO). Berikut Tips SEO Google Panda atau Penguin Update yang LM sadur dari Google Quality Guidelines kemudian diterjemahkan secara bebas dan ringkas. Mungkin pedoman kualitas dari pusat bantuan Google ini dapat berguna buat sobat yang sedang memulai belajar SEO, namun paling tidak ini dapat menjadi pengingat buat LM pribadi. Berikut ringkasannya:

1) Hindari teks tersembunyi atau link tersembunyi
Link tersembunyi adalah mereka link yang terbaca bagi Manusia (pembaca) tetapi dimaksudkan untuk dapat dijelajahi oleh Google bot. Beberapa orang membuat link di situs Web mereka Tersembunyi dengan menggunakan warna teks yang sama dan warna latar belakang atau menggunakan link di tanda hubung dalam sebuah paragraf. Praktek-praktek ini menipu dan Google akan menghapus situs anda dari indeks mereka.

Harus Anda Hindari Praktek Berikut:
- Menggunakan teks putih pada latar belakang putih.
- Menyembunyikan teks dibalik gambar.
- Menggunakan CSS untuk menyembunyikan teks dan link.
- Mengatur ukuran font pada halaman Anda ke 0.

2) Jangan menggunakan cloaking atau Doorway Pages
Cloaking berarti praktek menampilkan konten yang berbeda atau URL untuk pengguna & mesin pencari. Sebagai contoh, Menyajikan halaman teks HTML untuk mesin pencari, sementara presentasi sebuah halaman gambar atau Flash untuk pengguna. Doorway pages adalah halaman web yang dibuat untuk spamming indeks mesin pencari dengan memasukkan hasil untuk kata kunci tertentu dengan tujuan mengirimkan pengunjung ke halaman yang berbeda. Mereka juga dikenal sebagai bridge pages, jump Pages, entry pages, portal pages, and gateway pages. Halaman ini dibuat dengan maksud untuk mengirimkan lalu lintas ke halaman afiliasi. Hindari praktek-praktek dari mesin pencari memanipulasi dan menipu pengguna untuk menghindari segala bentuk larangan dari Google.

3) Hindari Query Pertanyaan otomatis ke Google
Hindari mengirim segala jenis query otomatis ke Google. Ada banyak perangkat lunak tersedia hari ini untuk memeriksa bagaimana sebuah website atau peringkat halaman web dalam hasil pencarian Google. Perangkat lunak ini mengigirim query otomatis ke Google dan menyerap sumber daya yang dapat mengakibatkan melarang situs dari indeks Google.

4) Jangan memuat halaman dengan kata kunci tidak relevan (Keyword Stuffing)
Isian kata kunci adalah praktek loading halaman web dengan terlalu banyak kata kunci dalam upaya untuk memanipulasi peringkat sebuah website dalam hasil pencarian Google. Jenis praktek dapat mengakibatkan pengalaman pengguna negatif dan juga dapat membahayakan peringkat website. Hindari semua jenis teknik Over Optimasi dari halaman web.

5) Hindari membuat beberapa halaman, domain, atau subdomain dengan duplikat konten
Jika situs Anda berisi beberapa halaman dengan konten yang hampir sama, maka Anda dapat menggunakan teknik yang disebut "Canonicalization" untuk menunjukkan URL pilihan Anda ke Google. Anda dapat menggunakan "redirects 301" dan Webmaster Tools untuk menangani konten yang identik. Atau hanya mencoba untuk meminimalkan konten serupa.

6) Hindari membuat halaman dengan perilaku berbahaya
Perilaku berbahaya mencakup segala macam perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak komputer atau jaringan seperti Virus, Trojans dan badware. Google segera menginformasikan webmaster tentang situs mereka yang ditandai sebagai berbahaya dan dilarang dari Indeks Google. Jadi, lakukan pengecekan Alat Webmaster sehari-hari.

7) Gunakan Afiliasi Pemasaran tetapi hanya jika Anda menyediakan konten unik dan relevan
Jangan mencoba untuk meningkatkan peringkat halaman Anda dan menarik pengunjung dengan membuat halaman dengan banyak kata tapi konten asli sedikit atau tidak ada dan menghubungkan halaman-halaman untuk program pemasaran afiliasi.

Panduan Kualitas - Prinsip Dasar
  1. Buatlah halaman situs Anda terutama untuk pembaca, dan bukan untuk mesin pencari.
  2. Hindari menggunakan teknik Black Hat SEO. Black Hat SEO mengacu pada teknik yang digunakan untuk mendapatkan peringkat pencarian yang lebih tinggi dengan cara yang tidak etis.
  3. Jangan berpartisipasi dalam Skema Link Exchange Building atau Link Building Berbayar untuk meningkatkan peringkat situs atau PageRank.
  4. Jangan gunakan program komputer yang tidak sah untuk mengirim halaman, mengecek ranking, dll jenis program tersebut mengkonsumsi banyak sumber daya komputasi dan melanggar TOS Google. Google tidak merekomendasikan penggunaan program-program seperti WebPosition Gold ™ yang mengirim perintah otomatis/terprogram ke Google.

Petunjuk Teknis
  1. Memantau kinerja dan mengoptimalkan beban situs. Jika situs Anda mengambil terlalu banyak waktu untuk memuat, Google dapat mendorong peringkat Anda. Tujuan utama dari Google adalah untuk menyediakan pengguna dengan hasil yang paling relevan dan pengalaman pengguna yang luar biasa. Situs Cepat meningkatkan kepuasan pengguna dan meningkatkan kualitas keseluruhan web.
  2. Gunakan robots.txt di situs Anda untuk mencegah crawling dari halaman hasil pencarian atau otomatis dihasilkan halaman yang tidak menambah nilai lebih bagi pengguna yang datang dari search engine.
  3. Lakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa iklan tidak mempengaruhi peringkat mesin pencari. Misalnya, iklan AdSense Google dan link DoubleClick yang diblokir tidak ditelusuri oleh file robots.txt.
  4. Uji website Anda untuk memastikan bahwa itu muncul dengan benar di browser yang berbeda.

Desain dan Isi Pedoman
  1. Membuat website dengan hirarki yang jelas dan teks link. Setiap halaman harus dapat dicapai dari setidaknya satu link teks statis.
  2. Jauhkan link keluar pada halaman Web Anda ke nomor yang wajar.
  3. Jika situs Anda berisi banyak gambar. Kemudian gunakan kata kunci yang relevan dalam Atribut ALT pada gambar.
  4. Secara teratur memeriksa link yang rusak di website Anda dan memperbaikinya.
  5. Menulis konten asli dan kualitas tinggi.

Mungkin itulah sedikit saduran mengenai Tips SEO Google Panda atau Penguin Update. Lalu, apakah blog sobat juga kena dampak dari Google Panda atau Penguin Update? Bagi pengalaman sobat dalam komentar di bawah. Sobat dapat memasukkan url blog, kemudian bantu Google untuk indeks bakclink sobat pada halaman ini dengan klik +1, tweet n like... Trims. Salam Blogger..!!!

55 Komentar untuk " Tips SEO Google Panda atau Penguin Update "

wadoh, yang kemarin aja belum bisa optimasi, sekarang malah muncul algoritma baru lagi, simbah aneh aja ne mintak nya

algoritma Penguin Update setiap hari BU Ogle, harapan kedepan Penguin bisa jadi senjata pemungkas google dalam membasmi webspam... :)

Makasih informasinya, sangat bermanfaat

Latar belakang web saya berupa gambar dan beberapa kalimat saya tulis dengan warna putih. Apakah ini akan berpengaruh terhadap web saya ya..
terima kasih

sejauh yang ane baca gak jauh ama panda yak cara yang harus dihindari, atau bisa di bilang musti main whit edan hindari kopi hitam...
kalau mau kopi hitam musti hati hati...
thanks yo mas informasi pinguinya... :D

Wah.. saya rasa ini adalah ide positif dari si embah google, sehingga seo black hat bisa musnah di dunia blogging ini. bermanfaat sobat.

Web saya salah satu korban google pinguin gan, kl cara mengembalikan ke seperti semula gimana caranya ya??

Coba tips di atas sob agar signal webspam dari suatu halaman berkurang dan tidak dianggap melanggar pedoman goggle,, lakukan perbaikan pada setiap hamalan yang kita curigai dan gunakan Fetch as Googlebot di Google Webmaster Tools...

wahhh beneran nih...
website tetangga juga ada yg terkena nih...
mudah2an tidak ada yg terkena lagi...
heheee

Apakah ini tidak terlalu berlebihan bos menilai google bak raksasa , sepertinya sofwert seo untuk blogspot masih ampuh dan tetap enjoy saja buka

Bayak juga ya hal yang harus dipahami agar aman dari google panda.

makasih tips seo untuk seo google penguinnya mas

terima kasih info nya... akan saya coba

wah, lengkap sekali artikelnya. trimakasih

infonya bermanfaat gan....warning buat copasser biar nggak ngawur kopas-kopas artikel orang

info yang sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya, nice share

Terima kasih atas penjelasan yang lengkap dan jelas.
Blog (http://www.produksielektronik.co.cc) saya yang baru umurnya 1 bulan juga terpengaruh, 2 hari lalu mendapat index page sebanyak 99, tapi 2 hari ini turun menjadi 89 page. Sedih sekali....Padahal konten saya asli dan tidak membuat link yang berlebih dan semua link natural. Semoga anda dapat menyajikan teknik yang lebih ampuh untuk menghindari penurunan ini. What Can I do? Please advise...

Mkasih banget gan informasinya...,,pada settingan diblogger skarang kan ada "robots.txt ubahsuaian dan Tag header robot ubahsuaian", nah saya masih bingung menggunakannya, soalnya kan ada peringatan agar hati2 menggunakannya karna penggunaan yg tidak tepat dibaikan mesin pencari..,mohon pencerahannya gan, terimakasih.

kalau untuk robots.txt di blog LM ini bisa diihat di http://lingkarmerah.blogspot.com/robots.txt dan untuk tag header LM cm centang all pada archive,, semoga membantu... :)

terimakasih sekali infonya.tanpa sengaja saya pernah mengalaminya,karena tidak mengerti. sekarang saya sudah paham.makasih

Wow,, keren gambarnya.. meluk2 penguin nih panda.. Jablay ya oomm.. Hihiii..

caption termasuk teks di belakang gambar gak? makasih mas

Blog ane peluangusahakecil.net kena google panda, mohon bantunya bagaimana ya agar kembali normal

beberapa blog saya kena google pinguin .. gmn yah agar bisa kembali seperti semula mohon pencerahaannya?

coba lakukan perbaikan pada hamalan yang kita curigai telah melanggar pedoman google lalu republish,, buat halaman baru yang berkaitan lalu berikan internal link menuju halaman tersebut. Gunakan Fetch as Googlebot dan resubmit sitemap di Google Webmaster Tools. Semoga sedikit membantu ya sob...

Info yang saya cari gan, izin sharing..
Thanx

kalau menurut kami harus disambut dengan baik tuch mbah google panda.! mengajarkan kita agar hati''

makasih infoNya gan, Saya Sudah coba ternyata trik dari agan jitu?? artikel yang Saya koNteSkan Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah berhaSiL maSuk halaman pertama google,
tetapi saya ada pertanyaan, Seberapa peNtiNgNya PR Sebuah Blog untuk koNteS SEO...???kareNa Saya coba amati terNyata hampir Semua peSaiNg di poSiSi ataS ber PR miNimal 2....
thanks, balaS di blog Saya juga.

sangat bermanfaat sekali kawan,, saya berharap dengan trik bertahan ini bisa membantu blog saya untuk bertahan di kontes seo keretaminiku.com produsen kereta mini mainan di indonesia Terima kasih banyak...

iay nih, traffik blog ane turun dastis gan..

setelah panda, sekarang penguin? ckckck.. makin ketat yah.. thx infonya sob..

Makasih mas bro informasinya, bagus banget....maklum baru belajar SEO, langsung praktekin........

Kemarin panda sekarang penguin.wah ternyata bukan sertifikasi aja yang semakin ketat, Google juga terus berbenah...

Great tips. I have been waiting to do something new after penguin and panda update. This post really helps me to use new techniques. Thank u very much

wah informasinya sangat membantu gan.
terimakasih ya.

Google penguin memang sangat membantu untuk blog yang baru belajar SEO, Tapi untuk para master blog, mulai kebingungan menhadapi Penguin

Info yang luar biasa........

Wah. Benar-benar mantap nih seo. Blog ini berhasil nongkrong di berbagai keyword. O ya sob, q baru aja di beri pelajaran tentang seo dari seseorang. Tapi masih cukup membingungkan. Mohon waktunya untuk mepelajari di blog q. Terima kasih

tambah pusing ngikut sama si embah,
tapi ada bagusnya juga, jadi ga ada raja di dunia online.. hehe..
salam kenal
makasih tips nya ya...

Banyak pelajaran teknik SEO yang sangat berharga disini. makasih ilmunya.

Salam Kenal
Tampilan blognya sangat menarik dan juga thank's untuk infonya
aku tunggu info-info lainnya

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

tips diatas benar sekali dan harus dilakukan para webmaster agar website nya kembali tampil bagus di mata robot google dan dimata manusia pembacanya. sementara itu jika anda ingin mengetahui apakah website anda terkena update negatif google panda, bisa ikuti cara yang dijelaskan dengan mudah dihalaman ini.

ketinggalan link nya, dimari gan http://www.klikseo.com/update-google-panda-4-0-dan-cara-memperkecil-dampaknya/

Sekarang udah update lagi bulan Juli, apa mas merasakan perubahannya? Gimana dampaknya positif apa negatif?

Kalau blog saya alhamdulillah dampak positif hehe

terima kasih kepada admin yang telah berkenan berbagi informasi bermanfaat ini khususnya kepada saya.