Apa Itu SOPA dan PIPA


Apa Itu SOPA dan PIPA - Bagi sobat yang sering bergelut dengan dunia maya dan atau beraktivitas di internet itu sudah merupakan kebutuhan sehari-hari, sobat harus baca info penting ini dan kenali apa itu SOPA dan PIPA. Berikut penjelasan yang LM kutip dari kaskus.us.


SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) adalah undang-undang yang diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi AS dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software dan semua barang digital dari pembajakan. SOPA dan PIPA mengatur bagaimana dunia maya seharusnya menurut mereka, dan tentunya penggunanya. Namun, undang-undang ini tidak sesederhana itu, banyak hal dari undang-undang ini akan mengubah cara kerja internet saat ini.

Apa yang menjadi dasar perintah utama undang-undang SOPA dan PIPA ini ?
  • Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat meminta penyedia layanan internet (ISP) untuk memblokir akses ke situs web yang dianggap sebagai penyedia tempat pelanggaran hak cipta. Teknisnya, yaitu memerintahkan ISP untuk mengubah server DNS mereka (baca: mem-block) dari membaca nama domain suatu situs di negara luar AS yang menyimpan konten ilegal seperti video, lagu, atau photo / gambar.
  • Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat mengambil tindakan hukum untuk menggugat mesin pencari, situs blog, direktori, atau situs secara umum yang memiliki situs-situs blacklist untuk dihapus dari situs web mereka. Teknisnya, yaitu memerintahkan situs pencari seperti Google atau lainnya untuk mengubah query pencariannya dengan mengecualikan situs yang menyimpan konten ilegal. Jadi, jika Anda mencari di situs pencari, situs ini tidak akan ditemukan. Prakteknya mirip dengan di Cina. Bila ada netter mengetik 'Tibet' atau 'Tianamen' di negeri tirai bambu itu dipastikan tak ditemukan hasil pencarian di Google. Begitu pula yang terjadi bila RUU disahkan di AS. Pengguna internet yang mengetik 'Iwan Yuliyanto download gratis' atau "Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik" misalnya, bakal kecewa karena tiada hasil yang didapat, meskipun berkali - kali mencarinya.
  • Jaksa Agung AS dapat membawa kasus ke pengadilan yang akan memaksa mesin pencari, pengiklan, penyedia DNS, server, dan prosesor pembayaran dari memiliki kontak apapun dengan situs yang diduga melanggar. Teknisnya, yaitu memerintahkan layanan iklan seperti Google Adsense untuk menolak iklan atau pembayaran dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal. Prosesor pembayaran dapat memutuskan hubungan kerjasama dengan situs, bila mereka memberikan alasan kuat bahwa situs tersebut melanggar hak cipta. Teknisnya, yaitu memerintahkan layanan pembayaran online seperti Amazon, dsb untuk mematikan akun dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal.
  • RUU juga berpotensi memberi ancaman lebih dari itu karena definisi situs pembajak yang diusung SOPA dianggap terlalu luas. SOPA tak hanya mengancam situs-situs underground yang menyediakan lagu atau film gratis, namun juga situs yang dianggap dan dicurigai 'mempermudah atau memfasilitasi' materi bajakan bisa ikut disikat.
Contoh Kasus:

Saat seorang penonton konser merekam penampilan idolanya lewat ponsel lalu mengunggah ke situs YouTube tanpa izin distributor atau pemegang hak cipta, menurut RUU tersebut YouTube dianggap memfasilitasi pelanggaran hak cipta. Konsekuensinya YouTube harus di-block dan ditutup, dan pengunggah dipidanakan. Alhasil tak mustahil satu situs yang berisi puluhan ribu halaman bisa dimatikan hanya gara-gara satu halaman mengandung unsur pelanggaran hak cipta.

Apa dampaknya bila undang-undang tersebut disahkan?

Dengan disahkannya SOPA dan PIPA, tentu saja akan membuat para raksasa sekelas Google, Yahoo, Facebook dan Mozilla berteriak. Bila Anda masih ingat, Mozilla sepanjang Desember lalu selalu menayangkan kalimat yang berbunyi "Kongres berusaha menyensor internet. Bantu Mozilla untuk memperjuangkan internet yang bebas dan terbuka. Bergabunglah sekarang!". Saat kalimat itu di-klik, pesan itu membawa ke tautan penjelasan apa itu SOPA dan PIPA.

Sedangkan dampaknya secara global adalah pengunjung dunia maya tidak akan lagi bisa melakukan kegiatan mengunduh dan semacamnya karena undang-undang tersebut menganggap ilegal.

Tentunya, banyak aspek dari Internet yang akan berubah, salah satu implementasi yang akan dilakukan oleh SOPA dan PIPA terhadap Internet adalah DNS Filtering dan DNSSEC yang diyakini oleh para ahli internet dan salah satunya, Mozilla, bahwa hal tersebut akan mengakibatkan masalah keamanan pada Internet dan juga melambatkan kinerja internet saat ini. Ada juga dampak-dampak lain yang akan terjadi pada internet, antara lain:
  • Banyak blog atau situs yang akan ditutup dikarenakan penggunaan misalnya logo, foto ataupun media lain yang diklaim oleh sang pemilik.
  • Situs-situs web service dan sosial media seperti Multiply, Facebook, YouTube, rapid*share, Twitter, Flickr, dll akan mengalami banyak masalah dan dituntut karena konten-konten yang dikontribusi oleh publik akan disaring dan disensor secara ketat.
  • Inovasi dan perkembangan teknologi dari Internet akan melambat karena perusahaan-perusahaan baru harus dapat memenuhi standar dari SOPA dan PIPA.
Apakah ini akan berdampak ke seluruh dunia, termasuk Indonesia ?

Tentu saja, dengan undang-undang tersebut, maka pemerintah AS berhak menuntut situs untuk menghapus konten-konten yang menurut mereka ilegal atau situs tersebut akan diblok (melalui ISP setempat), sehingga pengguna tidak bisa membuka lagi situs kesayangannya. Secara garis besar, SOPA dan PIPA jika disetujui hanya akan berlaku di AS dan tidak di negara lain. TETAPI, jika ada yang menggunakan server-server di Amerika Serikat untuk hosting website, tentunya konten-konten website tersebut akan masuk ke dalam juridiksi hukum di sana. Memang secara langsung, SOPA dan PIPA ini tidak mempengaruhi jaringan internet di Indonesia. Namun, bisa dibayangkan untuk kita yang sehari-hari menggunakan service-service sosial media seperti Multiply, Facebook, Google, Twitter, YouTube, dan lain-lain; kebanyakan website-website ini akan menjadi target sasaran dari SOPA dan PIPA. Penggunaan internet bisa dipastikan akan berubah jika SOPA dan PIPA diluluskan.

Sederhananya, karena memang nyatanya di internet banyak situs (di luar AS) yang menyimpan konten-konten, parlemen AS mencari cara agar bisa melarang keberadaan situs semacam itu dan mengekang apa yang disebut kebebasan internet, karena sebenarnya SOPA dan PIPA bisa berdampak lebih luas dari sekedar pelarangan konten-konten. Teknisnya, apabila situs tersebut di luar Amerika, maka penyedia jasa layanan internet (ISP) diwajibkan memblokir akses ke situs tersebut.

Apa saja kendala yang dihadapi para penentang RUU SOPA dan PIPA ini ?

Pada Desember 2011 lalu, koalisi anti-SOPA memasang iklan satu halaman penuh di hampir semua media massa nasional. Tak tanggung-tanggung, Google bahkan menyewa 15 firma pelobi untuk menghadang paket RUU itu agar tidak sampai disahkan. Namun, musuh yang dihadapi anti-SOPA itu tidak enteng, mereka lawan sekaliber. Maklum industri musik, film dan kamar dagang Amerika berada dibalik RUU tersebut. Salah satunya Asosiasi Distributor Film Amerika (MPPAA) organisasi yang membawahi nama beken seperti Universal Pictures, Sony, Warner Bros dan 20th Century Fox. MPPA selama ini dikenal getol menarget situs luar agar tak bisa diakses warga AS dan dipandang sebagai pihak selalu kalah bila berhadapan pembajak asing.

Hampir semua media massa mengecam dan mengkritik RUU itu dalam editorialnya, seperti TechDirt. Tak ketinggalan situs-situs teknologi juga ikut menyuarakan tentangan keras. Gerakan anti-SOPA memang kuat, tapi mereka di luar Kongres. Sedangkan dalam Kongres dukungan terhadap paket yang terdiri dari dua RUU itu juga sangat serius. Pertempuran dua kubu pro dan anti RUU bisa jadi dimenangkan kubu yang pro (karena didukung pemodal raksasa).

Lantas, apa yang bisa kita lakukan ?

Meskipun kondisi terburuk sudah Anda baca pada poin 5 di atas, Tetaplah Optimis dan Semangat, kawan. Bila Anda masih menginginkan kebebasan , Anda PATUT mendukung sebuah PETISI yang telah dibuat.

Silakan SAAT INI juga menyumbangkan suaranya melalui link-link berikut:

Caranya: isi email dibawah tulisan “NOT IN THE US? PETITION THE STATE DEPARTMENT” lalu tekan tombol SIGN THE PETITION.

... atau ...

Caranya: isi email, nama, serta kode pos pada kolom sisi kanan, lalu tekan tombol SEND.

Mulai dari diri sendiri gan,
hilangkan pikiran "ah, cuma gw ini, mana pengaruh sama keputusan amrik".
ingat, pengguna internet ngga cuma di amrik, tapi di dunia.
dan INDONESIA menduduki peringkat ke-4 dalam daftar pengguna internet DUNIA.
ayo gan, kita pasti bisa.

Sumber:
http://ikanmasteri.com/archives/3567
http://fightforfreedom.multiply.com/journal/item/75?
http://wordpress.org/news/2012/01/help-stop-sopa-pipa/

Saat ini juga mengikuti kontes PGM-FI Acer Aspire S3 dan keuntungan memiliki kartu aku dalam . Mohon Dukungan ya...!!!

80 Komentar untuk " Apa Itu SOPA dan PIPA "

sebenernya sih lebh setuju dengan adanya sopa & pipa... tapi yaa repot juga kalau google harus ditutup...toh... google bak sumber mata air bagi siswa siswi seperti kita... :D

but nice share... :D

Bukan hanya google gan tapi juga termasuk firefox, facebook, wikipedia dan situr berbagi lainya di dunia...

dukung petitinya juga sob melalui google di https://www.google.com/landing/takeaction/

Ayo selamatkan internet kita dari SOPA and PIPA Amerika yang akan menggelapkan dunia dan pembodohan...

Mantap infonya sob,ada ada aja ni ulah kongres AS,mentang mentang negara adidaya,kelakuannya seenae dewe.ternyata bukan hanya di dunia nyata saja mereka ingin berkuasa.dunia maya juga mereka caplok untuk di kuasai.

Owh... itu toh artinya...


klo jadi speerti itu... sma aja ngga bsa make internet...

parah nih UU...

gak ada wikipedia, mbah google, you tube dan lain2. sama halnya dengan balik ke jaman batu

kalo SOPA & PIPA kejadian, bakal berabe... masa depan internet bakal kelam deh ane jamin, TOLAK SOPA & PIPA

kabarnya pendukung SOPA and PIPA sudah menembus 3.5jt...

ayo gan dukung Gerakan Anti SOPA dan PIPA dengan petisi melalui google di https://www.google.com/landing/takeaction/

Ane yakin dengan jumlah pengguna internet Indonesia ditambah jumlah pengguna di seluruh dunia yang Anti SOPA and PIPA, RUU bisa dibatalkan...

Saatnya kita buktikan gan kalo Indonesia Pecinta Internet melalui Gerakan Anti SOPA dan PIPA ini....

amerika akan hancur karena ulah dan perbuatannya sendiri

amerika akan hancur karena ulah dan perbuatannya sendiri

selalu ya itu negara bikin sensasi terus,, hadweee maunya apa coba. kalo misalnya SOPA dan PIPA resmi untuk apa lagi adanya internet...

bantu share dulu aja hehe ngumpulun pro untuk anti sopa n pipa ,, ,,

wah ni UU merugikan banget -_- AS ada2 aja! ga bijak sama sekali... -_- aku menentang ini!

wah kalo RUU ini disahkan, dunia maya bagaikan jaman kegelapan, fight against SOPA PIPA!!!

jangan sampai terjadi jaman kegelapan di dunia internet.

Damn it, I dont know ! fuck !! GASTING !

Terima kasih atas postingannya. Satu kata untuk SOPA dan PIPA, "DIE!!!".
Aku minta ijin untuk copas beberapa kalimat dari artikel ini ke wordpressku untuk membantu partisipasi melawan SOPA dan PIPA ya...
Thanks

idih kacau parah
T_T

yang kayak begini ni harus di basmi

SWT emang SOPA N PIPA

kalo ntar disahkan, masa iya ujung2nya cuman bisa bolak balik email doang..
dukung anti-SOPA/PIPA

Silakan copas dan sebarkan, blog ini berlisensi Creative Commons Attribution kok,, jadi bebas untuk dishare...

Makin susah nih tugas aye kalo beneran dijalanin :p

musnahin aja yg namanya internet!! #nyesek kalo RUU nya bner2 di sah kan..

apa apaan ini ="=
hidup ane bakal lebih sulit karna ini.

ampuun bule bule itu ane deathnote sekalian lu.

sensi sekali orang jaman sekarang ini .. yang susah di mudahin , yang mudah di susahin ... ckckckck

Stop SOPA dan PIPA pokoknya!

ampun dah, kalo UU sampah ini jadi, semua orang mau ngapa2in jadi susah..

I disaggre with this stupid rules
Why, because without internet=svck
Lets vote Anti-SOPA and Anti-PIPA
However nice thread

ninggalin jejak, ane share ya gan "pay it forward" ajah

lama-lama terjadi juga dah " one singgle order " . semuanya nurut sama satu aturan , semua serba diatur , ga nurut sikaat habis , walaupun ada sisi positifnya tapi hanya buat segelintir orang yang punya kekuasaan ...buat yang dibawah makin ga berdaya ....

KALO GK BISA NYARI INFO2 TNTANG PENDIDIKAN ,GMNA GUA MAU NYARI SKRIPSI,KASIHAN PARA MAHASISWA YG LG BERDAULAT DNGAN INTERNET PAYAH DAH POKOKNYA KLO INTERNET MAU DI MUSNAHIN...

bisa menjadikan internet tidak menarik lagi nich jika sopa dan pipa di terapkan

dlm hal ini jgn salah artikan... SOPA & PIPA tujuan nya "HANYA" <----(BACA) memBLOK SITUS YG MENYIMPAN FILE ELEGAL. FILE yg tdk RESMI,
salah 1 nya FILE HASIL CRACKING.. FILE YG SDH DI EDIT YG DISAMAKAN DGN YG ASLINYA. ANTARA PRO & TRIAL/DEMO/FREE..
"SELAIN" <----(BACA) itu hnya GERTAK YAHUDI....
sampai akhir JAMAN INTERNET TETAP ABADI.. HANYA SAJA ADA BATASAN ("BLOK SITUS ELEGAL") -----> MARDY GRASS

Mantap bener imbasnya Gaan,,, ane turut berduka cita atas derita para penggiat dunia maya (kalo sampe UU SOPA & PIPA dikabulkan). Moga ada celah baru buat usaha lg, keep KREATIFITAS untuk menghadapi kemungkinan terburuk. Heheheh........
Ijin copas Gaan, buat grup di Fb asuhan ane.

baru ngerti nih,,, nice post!
parah banget ternyata ya,,, harus digagalkan tu,,

kalo sopa di terapkan,bakal ada banyak web web yang kena banned dah

Huh,mau apa artinya,mau blok situs lah apalah,sama aja kan kalo dikit-dikit dilarang pasti baakl terkekang. Kalo RUU ini diterapkan yakin deh semua blogger,n semua pengguna internet pasti males pake internet. Kenapa? Soalnya semua orang kan maunya bebas,kalo copas dilarang,bajak dikit dilarang pasti males kan,kalpoun pake internet,pasti akan ada rasa takut kalo-kalo apa yang dilakuin termasuk pembajakan..

Intinya,SOPA dan PIPA sama aja mengekang dunia..

STOP SOPA AND PIPA!

gan izin copas yah...penting banget,nget,nget nih inpo...

Munafik !!!
padahal SOPA N' PIPA masih membutuhkan layanan internet buat sharing business nya...

Ijin copas ya gan buat mencari dukungan tolak SOPA dan PIPA :D

Kalau dilihat-lihat sih ada unsur politiknya juga ini SOPA/PIPA, awal sih emang niatnya begitu, tapi pas udah jalan bisa tambah tertekan kita akibat ulah UUD itu...
"Kebebasan itu penting asalkan tidak melanggaran aturan-aturan yang belaku"
kalau bebas untuk sama-sama menguntungkan, itu yang bikin enak..hehehe

kalau SOPA dan PIPA kalau memang terjadi, bukannya rakyat amerika juga nanti yang susah,,,

kan tidak masalah semua situs memberi konten gratis, asal tidak merugikan sesama. :)

kalau SOPA dan PIPA kalau memang terjadi, bukannya rakyat amerika juga nanti yang susah,,,

kan tidak masalah semua situs memberi konten gratis, asal tidak merugikan sesama. :)

amerika mencoba menguasai dunia lewat internet. . .

gila aja ga ada facebook, ga ada google ga ada youtube.... apalagi kalo ga ada kaskus.us.... wah parah nie undang2 SOPA & PIPA... npain juga ada internet... padahal produk mereka yang ngumpet dibalik undang2 kan perlu sekali ama internet.. produk mereka bisa terkenal karena kebebasan di internet....cuape deh...
INTINYA SAY NO TO SOPA & PIPA

mantap artikelnya Mas..Izin juga di pasang di blog saya..beserta link ke artikel ini. :)

Kita lihat saja, apa yang kan terjadi selanjutnya,

TOLAK SOPA dan PIPA...!!!!!
We want freedom to creativity...!!!!!
Salam BLOGGER... ^_^

Turut prihatin.. izin copy link ke posting ini ya bro.. thanks

Wah... dampaknya bisa mengimbas ke blog PENDIDIKAN saya.

wah ga bisa download game dll nih ,kalo internet bak dalam penjara gini

Jujur aja gan, ane tuh belajar apa apa sama mbah google. Nah kalo simbah diawasin sama sopa dan pipa, ane mau belajar sama siapa lagi, apalagi ane butuh banget tuh game, software, antivirus atau cara ngerepair pc ane yg suka ngadat. intinya no sopa dan pipa :D

UU yang menyebalkan..
Semua Kena Dampak dari UU tsb.

celaka klo uu itu di sahkan, bis mati blog ane

Nimbrung ah ikut ngebatalin SOPA dan PIPA

HENTIKAN SOPA DAN PIPA...DUKUNG COPA DAN FIFA

FUCK SOPA!! mending kl ad 1 org aj jd korban tuk bnuh yg mw bkin sopa en pipa ea..

SOPA-PIPA => Best Fucker in the hell!!!!!

sbnr.a ane pny grup, game, toko di fb, tentang happy pets, wild ones, animal kaiser, dll. terbagi 3 (grup, game, en toko)

kl sopa en pipa ada,,,,,, ugghh pngen gw bantai emng!!!! btul Gandwisn jg, pdhl ane jg blajar di sama mbah, sama org, sama guru yg b'manfaat en bs ambil foto gratis, dr pd foto grapher, gx lengkap en hrs byar *xixixi* mending di MBAH GOOGLE, kl Facebook b'manfaat bgt dngn kekeluargaan, en game.a sgt brgn bgt :
- pinter bhs inggris
- hemat
- gx gaptek
- gx gmpng nyerah
- tw dunia luar
- tw arti kerja sma tim
- menghslkn duit
- dpt menginspirasi (tmn ane gra2 game fb mlah bkin game PC d^_^b)
- dll.

kl youtube bs menghibur doank sih, ama bagi pngalaman,,,..

Yang Pro SOPA dan PIPA mendingan ditimpuk bata merah aja kali yaaaaaaaaa... :))))))))))))

Tidak setuju karena melanggar hak untuk mendapatkan informasi secara gratis dari internet.

INI UU BUATAN SETAAAAANNNN!!!!!

nice inpoh gan ,semoga tidak terjadi
kalo ada waktu silahkan mampir ke blog saya lovewebster.blogspot.com