Motor Trail Mini

Tahun Baru, Tata Rumah Lebih Ringkas


LingkarMerah.com - Tahun Baru, Tata Rumah Lebih Ringkas. Hallo Sobat LM…!!! Setiap kali tahun berganti, kebanyakan orang memikirkan tentang resolusi perbaikan diri, mulai dari hidup lebih sehat sampai menabung lebih rajin. Namun sebagian orang lalai bahwa kualitas hidup juga dipengaruhi lingkungan hidup di sekeliling mereka. Kondisi rumah bersih dan sehat serta nyaman akan mendukung pencapaian resolusi pribadi Anda.

Perbaikan rumah bisa ditempuh tanpa renovasi atau perombakan besar-besaran, bahkan dengan desain fisik yang ada Anda bisa menciptakan ruang hidup yang lebih lega, rapi, dan sehat karena sirkulasi udara di dalamnya menjadi lebih lancar. Penataan ulang isi rumah kadang sudah cukup untuk meningkatkan kenyamanan dan mengubah penampakan rumah secara signifikan.

Tata Rumah Lebih Ringkas

Bagaimana dan apa saja yang perlu ditata ulang di dalam rumah?

Hilangkan kesan berantakan di dapur

Setuju atau tidak, rak piring terbuka merupakan biang berantakan di dapur karena menampung sekian banyak perkakas dapur yang terlihat nyata oleh siapa pun yang masuk dapur Anda. Karena rak piring juga dipakai untuk meniriskan perkakas dapur usai dicuci, kolong rak piring pun sering menjadi becek dan kotor. Bagian ini juga lebih rentan menjadi persembunyian tikus dan kecoak yang bisa juga memanjat rak piring dan menginjak-injak peralatan makan Anda.

Solusi: Kabinet tertutup di dinding dan lemari tertutup di bawah meja dapur bisa menggantikan rak piring untuk menyimpan dan menyembunyikan perkakas dapur sehingga tidak tampak berantakan. Tiriskan perkakas dapur setelah dicuci di samping wastafel cuci piring dan keringkan sebelum disimpan di dalam lemari atau kabinet dapur.

Buang barang yang sudah tidak dipakai

Sebagian orang mengalami kesulitan membiasakan diri membuang barang usang. Ketika Anda membeli barang baru untuk menggantikan barang yang sudah rusak, tidak perlu berpikir bahwa barang yang rusak tersebut suatu saat bisa diperbaiki dan dipakai lagi karena kemungkinan besar barang rusak tersebut hanya akan teronggok menjadi rongsokan yang menghalangi Anda menciptakan rumah bersih dan sehat.

Solusi: Buang saja! Jika Anda merasa sayang membuangnya, sumbangkan kepada orang yang bisa mereparasinya dan kemudian memanfaatkannya. Ini sekaligus menjadi peringatan bagi Anda agar berpikir dua kali sebelum membeli barang agar tidak menjejali rumah. Barang berkualitas, tahan lama, dan bergaransi lebih menguntungkan walaupun kadang lebih mahal daripada barang murah meriah yang mudah rusak.

Singkirkan kemasan kosong bekas pakai

Perangkat elektronik, sepatu, dan makanan ringan sering menyisakan kemasan berupa kardus dan kaleng. Sebagian orang berpikir mereka akan memerlukan kemasan ini di kemudian hari dan rela menumpukannya menjejali rumah sambil menunggu hari tersebut tiba. Pada banyak kasus, hari tersebut tidak pernah tiba sehingga kemasan-kemasan tersebut hanya menjadi penampung debu dan kotoran. Jika satu rumah tangga mengkonsumsi satu kaleng biskuit setiap bulan lalu sayang membuang kalengnya karena berdesain lucu, bayangkan berapa kaleng biskuit menumpuk di rumah. Belum lagi kardus-kardus dan wadah plastik bekas makanan antaran tetangga.

Solusi: Serahkan ke pusat-pusat daur ulang limbah rumah tangga. Kardus, kaleng, dan wadah plastik sangat umum dilebur ulang untuk memproduksi barang-barang baru. Jika Anda memang memerlukan tempat penyimpanan, gunakan kontainer-kontainer plastik yang kokoh, tertutup rapat, dan didesain khusus untuk penyimpanan, bukan kardus-kardus bekas.

Beres-beres agar rumah bersih dan sehat seperti di atas memang akan membuat rumah Anda tampak lebih kosong. Kosong bukan lantaran Anda tidak memiliki apa-apa, melainkan karena barang-barang Anda tersimpan sehingga menyisakan ruang gerak untuk penghuni rumah. Ini lebih baik daripada rumah tampak sesak tetapi penuh dengan barang-barang tak berguna dan berdebu.

0 Komentar untuk " Tahun Baru, Tata Rumah Lebih Ringkas "