Motor Trail Mini

Menjaga Sepatu Bebas Bau Tak Sedap


LingkarMerah.com - Menjaga Sepatu Bebas Bau Tak Sedap. Hallo Sobat LM...!!! Sepatu bau bukan saja tak sedap di hidung, tapi bisa juga memalukan karena Anda tak bisa berbuat apa-apa jika sedang berada di tempat umum. Terlebih lagi masalah ini tak memilih jenis kelamin, baik pria maupun wanita bisa mengalaminya. Cari tahu penyebab masalahnya agar Anda tahu cara menghilangkan bau sepatu yang paling tepat untuk Anda.

Menjaga Sepatu Bebas Bau Tak Sedap

  • Lembap: tempat lembap adalah tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Suhu Indonesia yang lembap dan panas sepanjang tahun sudah pasti membuat kaki Anda berkeringat dan sepatu jadi lembap. Bakteri di dalam sepatu ini akan menempel di kaki setiap kali Anda memakai sepatu tersebut, apalagi jika tidak mengenakan kaus kaki atau stoking.
  • Masalah kaki: kulit lecet, kutu air, dan masalah kaki lain terkadang bisa menimbulkan infeksi ketika kaki berkeringat saat mengenakan sepatu. Ini juga bisa menjadi sumber bakteri dan bau tak sedap.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau sepatu yang mudah dan murah.

Kertas Koran
Remas dan gumpalkan beberapa lembar kertas koran kemudian jejalkan ke dalam sepatu hingga padat untuk mengeringkan sepatu basah atau lembap. Diamkan beberapa jam atau semalam di tempat teduh dan berangin hingga sepatu benar-benar kering sebelum dikenakan lagi. Ganti kertas koran dengan yang kering jika sepatu masih terasa lembap. Gumpalan kertas koran ini berguna untuk menyerap kandungan air di sepatu serta menjaga bentuk sepatu.

Kaus kaki atau stoking
Keduanya sangat bermanfaat untuk menyerap keringat pada kaki dan menjaga sepatu tetap kering, meski kaus kaki menyerap keringat lebih baik dibanding stoking. Jika tidak terbiasa, coba dulu dan rasakan perbedaannya.

Teh hitam
Lain kali, setelah menyeduh teh, simpan kantung teh yang sudah ditiriskan dan dingin. Masukkan kantung teh yang sudah kering ke dalam sepatu. Kandungan tanin pada teh berfungsi membunuh bakteri sehingga sekaligus menghilangkan sumber aroma tak sedap di sepatu.

Bubuk soda kue
Taburkan bubuk soda kue ke dalam sepatu dan diamkan beberapa jam atau semalaman untuk menghilangkan bau sepatu. Jangan lupa untuk membalikkan sepatu untuk mengeluarkan bubuk soda kue sebelum memakainya kembali.

Tisu basah wangi
Tisu basah wangi bisa juga dimanfaatkan sebagai pewangi sepatu. Pastikan sepatu dalam keadaan kering sebelum Anda memasukkan selembar tisu basah wangi ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Meski tak membunuh bakteri, setidaknya sepatu beraroma segar kembali. Anda tak perlu khawatir cairan pada tisu basah akan membasahi sepatu karena cairan tersebut mengandung alkohol dan bersifat asiri atau cepat menguap.

Bedak bayi atau bedak kaki
Bedak khusus untuk kaki berkeringat bisa membantu mengontrol sekresi di kaki. Jika tidak punya, bedak bayi beraroma netral pun bisa dimanfaatkan untuk fungsi yang sama. Taburkan sedikit saja sebelum memakai sepatu.

Lemari pembeku
Cara ini agak ekstrim, tapi bisa juga dicoba karena bakteri akan mati di suhu beku. Masukkan sepatu kering ka dalam kantung berkelim sebelum dimasukkan ke lemari pembeku. Diamkan semalam dan keluarkan untuk didiamkan beberapa jam hingga sepatu kembali ke suhu ruangan sebelum dikenakan lagi.

Nah silakan dicoba, pilih cara menghilangkan bau sepatu di atas yang paling sesuai dengan situasi Anda.

0 Komentar untuk " Menjaga Sepatu Bebas Bau Tak Sedap "