Motor Mini Depok

Hemat Listrik Tanpa Alat Khusus di Rumah


LingkarMerah.com - Hemat Listrik Tanpa Alat Khusus di Rumah. Hallo Sobat LM…!!! Jangan biarkan tagihan listrik terus membengkak karena ada cara menghemat listrik yang cerdas dan pasti efisien. Sobat tidak perlu alat khusus di rumah, coba saja sendiri beberapa solusi di bawah ini.
  • Beralih ke lampu LED. Meski harganya jauh lebih mahal dibanding lampu jenis lain, untuk jangka panjang sobat akan menghemat lebih banyak pengeluaran listrik. Lampu jenis ini memakan energi listrik paling sedikit dibanding lampu bohlam, halogen dan neon serta daya tahannya mencapai 10 kali lebih panjang daripada lampu biasa.
cara menghemat listrik
  • Gunakan stop kontak bersaklar. Ini akan memudahkan sobat untuk mematikan aliran listrik ke perangkat elektronik yang berlampu, seperti TV, radio, charger, dan sebagainya, tanpa perlu repot mencabut kabel dari stop kontak. Meski kecil, lampu yang menyala pada perangkat elektronik tetap memakan listik.
  • Dinginkan ruangan secara alami. Tidak perlu menyalakan AC setiap saat sobat merasa kepanasan. Coba tanam tanaman di sekitar rumah atau letakkan tanaman di pot untuk teras jika tidak punya kebun. Dedaunan tanaman berguna sebagai peneduh rumah atau ruangan di saat matahari bersinar terik. Tutup gorden pada jendela yang menghadap barat pada siang hari atau gunakan kaca film agar ruangan tidak terpanggang panas matahari. Selain itu ingat juga untuk membuka pintu atau jendela di siang hari agar udara tetap bersirkulasi dan suhu panas tidak terperangkap di ruangan tertentu. Terkadang menggunakan logika merupakan cara menghemat listrik yang paling efisien dan murah.
  • Tampung air untuk mengurangi pemakaian pompa air. Tarikan listrik ketika menyalakan pompa air sangatlah besar, karena itu coba minimalkan penggunaannya. Menggunakan tandon air berkapasitas besar adalah salah satu solusi agar sobat tidak perlu menyalakan pompa air setiap kali mandi.
  • Exhaust fan di dapur dan kamar mandi. Serap suhu panas keluar dari ruangan sesegera mungkin untuk menjaga keseluruhan suhu rumah tetap sejuk. Suhu panas secara alami akan naik dan terus bersikulasi di ruangan tersebut jika tidak dikeluarkan sehingga menyebabkan ruangan menjadi panas dan gerah. Oleh karena itu exhaust fan bisa menjadi solusi murah yang efisien.
  • Maksimalkan kapasitas perangkat elektronik. Jika menggunakan oven listrik, penuhi kapasitas oven untuk memaksimalkan energi yang terpakai. Misalnya memanggang kue sekaligus ayam. Demikian juga dengan kulkas dan lemari pembeku, semakin penuh isinya, semakin sedikit pula energi yang dikeluarkan untuk menjaga suhu kulkas dan freezer tetap rendah. Makanan dan minuman di dalam kulkas sebenarnya berfungsi juga menjaga suhunya tetap dingin sehingga pemakaian listriknya lebih sedikit. Tunggu hingga mesin cuci penuh sebelum memulai siklus cuci, yang ini tentu jelas lebih hemat dibanding mencuci dengan tabung cuci setengah penuh.

0 Komentar untuk " Hemat Listrik Tanpa Alat Khusus di Rumah "