Motor Mini Depok

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Ketiak Baju


Hallo Sobat LM...!!! Tahukah sobat kalau pria berkeringat lebih banyak dibanding wanita, bahkan hingga empat kali lipat. Begitu setidaknya menurut penelitian David Pariser MD, pendiri International Hyperhidrosis Society. Entah benar atau tidak, tapi sobat tentu lebih sering melihat pria dengan kemeja lembap di bagian ketiak daripada wanita. Alasan lain adalah tubuh pria secara umum lebih besar daripada wanita, jadi keringat diproduksi lebih banyak sebagai pendingin suhu tubuh alami. Untunglah hampir semua gedung dilengkapi dengan AC sehingga baju yang lembap karena keringat segera kering. Oh jangan terlalu senang dulu, saat pulang ke rumah tahu-tahu sobat mendapati bagian ketiak kemeja dihiasi oleh noda merah kekuningan entah karena keringat, deodoran, parfum, atau kombinasi semuanya. Noda-noda seperti ini bisa dihilangkan dengan bantuan bahan-bahan yang mudah didapatkan dari toko-toko dan deterjen untuk mencuci bersih residu noda dan bahan-bahan tersebut. Berikut cara menghilangkan noda hitam di ketiak baju dengan mudah dan ampuh.

Cara Menghilangkan Noda Hitam

Cara Menghilangkan Noda Hitam

Ada dua cara ampuh untuk mencegah noda membandel ini muncul:

a. Mengenakan kaos dalam katun berlengan pendek. Pilih bahan 100% katun yang menyerap keringat sehingga keringat tidak tembus ke kemeja. Hitung-hitung investasi di kaos dalam demi menyelamatkan kemeja yang lebih mahal.

b. Pilih deodoran yang tidak mengandung alumunium atau dengan kandungan alumunium paling rendah. Setelah menggunakan deodoran, biarkan sejenak hingga kering atau jika perlu gunakan hair dryer untuk mengeringkannya sebelum memakai baju.

Jika noda sudah terlanjur timbul, coba lakukan langkah-langkah khusus di bawah ini. Metode apa pun yang sobat pilih, akhiri dengan proses mencuci di air dingin dengan deterjen pilihan sobat, seperti produk-produk deterjen di sini, dan gantung pakaian untuk mengeringkannya.

1. Baking soda
Larutkan empat sendok makan baking soda ke dalam seperempat gelas air hingga membentuk adonan mirip pasta gigi. Gosokkan secara lembut pada bagian bernoda dengan sikat gigi dan diamkan selama satu jam.

2. Cuka
Larutkan cuka putih ke dalam air dengan komposisi 1:1. Masukkan larutan ke dalam botol spray dan semprotkan langsung ke bagian bernoda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.

3. Aspirin
Hancurkan beberapa butir aspirin dan larutkan ke dalam sedikit air hangat. Usapkan pada noda dan gosok lembut dengan sikat gigi, diamkan selama kurang lebih satu jam.

4. Sodium bikarbonat + air + cuka putih
Campur sodium bikarbonat dengan air hingga membentuk adonan kental mirip pasta gigi. Usapkan pada noda, gosok dengan sikat gigi. Tuangkan satu sendok teh cuka putih pada bagian bernoda dan perhatikan bagian tersebut akan berbuih. Diamkan hingga benar-benar kering kemudian sikat sisa serbuk sodium bikarbonat sebelum mencucinya.

5. Pengempuk daging (meat tenderiser)
Bahan dapur ini bisa digunakan sebagai penghilang noda. Kandungan enzim bromealin di dalamnya bekerja memecah protein dalam keringat sehingga noda hilang. Basahi bagian bernoda hingga lembap, taburkan sedikit bubuk pengempuk daging di atasnya dan kucek perlahan. Diamkan beberapa saat.

Dos & Don’ts

No:
• Air panas
Air panas dan mesin pengering justru membuat noda menetap permanen. Cuci noda dengan air dingin dan gantung pakaian saat pengeringan.
• Pemutih berbahan klorin
Produk ini justru membuat noda semakin kuning karena klorin akan bereaksi dengan protein yang terdapat di keringat.

Yes:
• Keringkan pakaian putih di bawah sinar matahari langsung karena sinar matahari berfungsi sebagai pemutih alami pada bahan katun dan linen.
• Jika noda masih membandel, ulangi perawatan khusus di atas.

0 Komentar untuk " Cara Menghilangkan Noda Hitam di Ketiak Baju "