Motor Mini Depok

Pakaian Olahraga Biometrik


Hallo Sobat LM...!!! Bagi sobat yang gemar berolahraga mungkin sudah pernah mendengar tentang aplikasi untuk smartphone yang bisa memonitor detak jantung, menghitung kalori yang terbakar, jumlah langkah, dan sebagainya. Bersiaplah untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar tubuh sobat ketika berolahraga. Beberapa perusahaan teknologi dan garment meluncurkan pakaian olahraga berteknologi biometrik baru-baru ini, antara lain OMSignal dan Athos. Berbeda dari alat pemantau aktivitas tubuh lain, produk ini memiliki teknologi yang terintegrasi pada pakaian. Baju pintar ini biasanya menjadi favorit mereka yang berolahraga secara ekstrem. Keuntungan memiliki data lengkap mengenai kondisi tubuh adalah sobat bisa memperbaiki teknik gerakan dan mengatur intensitas olahraga untuk meningkatkan performa serta mencegah cedera. Hal ini sangat penting jika sobat sedang menjalani program latihan intensif untuk mempersiapkan sebuah kompetisi, sedang dalam masa pemulihan setelah sakit atau cedera, dan untuk menyesuaikan olahraga dengan usia dan kondisi tubuh.

Pakaian Olahraga Biometrik

Cara Perawatan yang Sederhana

Serat yang digunakan untuk membuat baju ini adalah garment kompresi berkualitas tinggi yang didesain khusus untuk mengurangi kelembapan dan bersifat antimikrobial sehingga mampu mencegah bau tak sedap atau bau apek. Ini adalah fitur yang sangat bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan bau apek pada baju.

Baju pintar ini bisa dicuci seperti baju-baju yang lain menggunakan detergen biasa dan mesin cuci. Bahkan baju ini cukup dicuci dengan air dingin saja dan kemudian diangin-anginkan untuk mengeringkannya. Menjemurnya di udara terbuka adalah cara menghilangkan bau apek pada baju yang alami dan baik untuk menjaga serat kain. Selain itu cara pengeringan seperti ini juga menjaga elastisitas baju agar awet.

Teknologi Biometrik

Pakaian dengan teknologi terbaru ini biasanya dilengkapi dengan sebuah alat pipih menyerupai telepon genggam yang akan menerima data dari beberapa sensor yang tersebar di dalam serat pakaian. Jumlah sensor bervariasi mulai dari empat hingga dua belas tergantung pada mereknya. Sensor-sensor tersebut bertugas mengirim data ke alat penerima data sehingga sobat akan mendapat data biometrik penting secara akurat dan aktual.

Data yang bisa didapat antara lain:
  • Intensitas gerakan
  • Waktu yang diperlukan untuk memulihkan detak jantung kembali ke kecepatan normal
  • RPM yang akan menunjukkan tingkat fokus dan stres fisik
  • Daya yang dikeluarkan tubuh untuk melakukan aktivitas tertentu
  • Kecepatan napas dan volumenya
  • Personal fuel alias sisa bahan bakar dalam tubuh
  • Kumpulan otot yang sedang bekerja saat itu

Data yang terekam oleh sensor-sensor pada baju dikirim melalui teknologi bluetooth ke alat penerima data yang dilengkapi dengan aplikasi iOS. Karena menggunakan bluetooth, tidak ada kabel pada baju pintar ini sehingga pemakainya bisa bergerak leluasa.

Sensor-sensor yang berfungsi mengumpulkan semua data pada tubuh terintegrasi pada serat kain baju sehingga tidak mengganggu penggunanya dan bahkan tidak akan terasa. Sedangkan alat penerima semua data tersebut bersifat tahan air dan bisa dilepas sebelum baju dimasukkan ke dalam mesin cuci. Ada baiknya baju ini dirawat sebaik mungkin karena harganya yang tidak murah. Pemilik dianjurkan untuk memperhatikan petunjuk perawatan pada label baju olahraga pintar ini.

0 Komentar untuk " Pakaian Olahraga Biometrik "