Motor Mini

Fungsi Google Analytics dan Cara Mengunakannya


Hallo Sobat LM...!!! Buat sobat sebagai admin atau pemilik website perlu mengetahui melacak jejak pengunjung blog dengan Google Analytics. Google Analytics adalah alat yang sangat baik yang akan membantu sobat sebagai pemilik website atau admin untuk memantau semua aspek situs, seperti siapa yang mengunjungi, halaman mana saja yang mereka mengunjungi, berapa lama mereka berada di website, bagaimana mereka mendapatkan ke situs sobat dan apa jenis perangkat yang mereka gunakan. Jawaban atas ini dapat menambahkan informasi yang cukup berharga bagi sobat, karena mendapatkan manfaat dari kegunaan Google Analytics, antara lain 1) Pelaporan Pemirsa, yang meliputi umur, gender, desktop atau tablet, dan lokasi geografis; 2) Pelaporan Akuisisi yang meliputi pencarian organik dan atau link referral; 3) Pelaporan Perilaku, yang meliputi halaman website, berapa banyak dilihat, dan berapa lama pengunjung berada pada setiap halaman; 4) Pelaporan Konversi, untuk dapat mengetahui apa yang pengunjung inginkan di website sobat. Yuk disimak fungsi Google Analytics dan cara menggunakannya berikut.

Google Analytics

Fungsi Google Analytics

Pelaporan Pemirsa

Pelaporan pemirsa dapat memberikan informasi dalam bentuk demografi pengunjung website. Berapa usia mereka? Apakah mereka pria atau wanita? Bahasa apa yang mereka gunakan dan dari negara mana mereka berasal? Juga, pelaporan pemirsa dapat menunjukkan apakah pengunjung website sobat itu adalah pengunjung baru atau kembali. Dengan pelaporan pemirsa ini sobat juga dapat mengetehui apakah pengunjung menggunakan komputer desktop, smartphone atau tablet. Semua rincian ini penting, jika sobat miliki bisnis lokal dan mendapatkan pengunjung yang cukup besar dari sebuah kota mungkin dengan informasi ini sobat dapat mempertimbangkan untuk membuka lokasi baru atau hanya membuat layanan sobat diakses orang di daerah tersebut. Jika sejumlah besar lalu lintas datang dari tablet atau perangkat mobile lainnya, sobat bisa memastikan bahwa konten situs sobat adalah kompatibel dengan perangkat yang mereka gunakan untuk mencegah pengunjung website sobat menjadi frustrasi dan bahkan menyebabkan pelanggan potensial pergi begitu saja tanpa sempat melihat konten website sobat.

Pelaporan Akuisisi

Melalui pelaporan Akuisisi, sobat dapat belajar bagaimana pengunjung menemukan website sobat. Apakah mereka melakukan pencarian organik? Apakah mereka klik pada link langsung atau link referral dari situs lain? Apakah mereka dari media sosial seperti Facebook, Twitter atau Google+? Apakah kata kunci yang mereka gunakan untuk mendapatkan ke situs sobat? Dengan pelaporan akuisi ini sobat akan mendapatkan informasi penting yang berkaitan dengan itu. Sobat juga dapat menautkan akun Google AdWords ke Google Analytics sehingga sobat dapat memonitor seberapa baik kampanye AdWords yang dapat sobat lakukan.

Pelaporan Perilaku

Melalui laporan Perilaku, sobat bisa mendapatkan informasi penting ke dalam halaman apa pengunjung situs kunjungi. Ini akan membantu sobat untuk mengetahui jika sobat menyediakan konten yang berharga yang berarti untuk para pengunjung sobat. Jika sobat mendapatkan bahwa ada pengunjung mengklik pada halaman dan terlau cepat meninggalkannya, mungkin sobat perlu meninjau kembali konten sobat dan pastikan bahwa itu relevan dengan yang pengunjung inginkan. Jika halaman tertentu mendapat banyak lalu lintas, sobat dapat memanfaatkan dengan fokus lebih pada jenis halaman atau menambahkan elemen ke halaman yang untuk membantu pengunjung website sobat.

Pelaporan Konversi

Hal ini membawa sobat ke tingkat konversi, dimana jika sobat menjual produk ini disebut konversi makro. Namun, sering ada beberapa yang lebih kecil, yakni konversi mikro (form kontak, mailing email sign-up, berlangganan blog, dll). Fokus pada konversi mikro dapat membantu pengunjung website sobat bergerak untuk tujuan akhir dari konversi makro. Untuk benar-benar memanfaatkan kegunaannya di situs sobat, sobat perlu mengatur Gol dalam Google Analytics dengan mana sobat agar dapat mengukur keberhasilannya.

Google Analytics adalah alat gratis yang dapat membantu sobat menganalisis dan mengelola bisnis sobat. Hal ini dapat menjadi alat yang sangat berharga jika sobat tahu fungsi Google Analytics dan cara mengunakannya kemudian menggunakan informasi yang diperoleh dari Google Analytics itu untuk mengoptimalkan website sobat.

0 Komentar untuk " Fungsi Google Analytics dan Cara Mengunakannya "