Motor Mini Depok

Penemuan Baru Bisa Lenyapkan Bau Badan Selamanya


Hallo Sobat LM...!!! Kabar baik bagi yang punya masalah bau badan. Ternyata penyebabnya bukan sobat, tapi bakteri Staphylococcus hominis. Bakteri yang hidup di ketiak ini baru ditemukan oleh beberapa peneliti University of York bekerja sama dengan tim Unilever beberapa bulan silam. Konon jumlahnya di satu sisi ketiak lebih banyak dari jumlah manusia di dunia. Beda dengan Bau Apek. Sebelum terlalu jauh membahas bau badan, sebaiknya sobat membedakan antara bau apek pada baju dan bau badan. Bau apek tidak disebabkan oleh bakteri seperti halnya bau badan, ternyata cara menghilangkan bau apek pada baju jauh itu lebih mudah daripada cara menghilangkan bau badan. Bau apek bisa disebabkan oleh bagian baju yang masih lembap saat dilipat atau disetrika, cara mencuci yang kurang efektif karena muatan mesin cuci melebihi kapasitasnya, atau juga karena air keran yang keruh dan kurang bersih.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Menghilangkan Bau Badan

Asal tahu penyebabnya, cara menghilangkan bau apek pada baju yang benar cukup sederhana, seperti dapat sobat temukan dari sumber-sumber yang bisa dipercaya.

Komponen Thioalcohol Penyebab Bau Badan

Penemuan bakteri ini sangat penting karena dengan memahami bakteri ini diharapkan masalah bau badan bisa cepat dituntaskan. Bakteri Staphylococcus hominis penyebab bau badan bekerja memecah molekul secara alami yang terdapat di keringat. Para peneliti, Daniel Bawdon dan Gavin Thomas, dari University of York beserta Gordon James dan Diana Cox dari Unilever mempresentasikan hasil penelitian mereka baru-baru ini di konferensi tahunan di Birmingham, Inggris. Mengetahui cara kerja bakteri ini dipandang sangat penting untuk mengetahui cara mengontrol aktivitasnya.

Ketika berinteraksi dengan keringat, bakteri ini akan memproduksi thioalcohol, komponen penyebab bau badan. Itulah sebabnya baju olah raga yang kotor penuh keringat jadi lebih berbau tidak sedap keesokannya. Semakin lama keringat dibiarkan menempel di pakaian kotor, semakin lama pula bakteri-bakteri ini berinteraksi dengan keringat dan memproduksi lebih banyak thioalcohol. Hal ini berbeda dari bau apek yang tidak bertambah parah walau sobat belum sempat menemukan cara menghilangkan bau apek pada baju.

Para peneliti menemukan bahwa sobat hanya perlu sedikit bakteri ini untuk menghasilkan bau badan yang dahsyat menyengat. Daniel Bawdon mengungkapkan bahwa kebanyakan bakteri tidak memproduksi komponen thioalcohol dan hanya sedikit sekali spesies yang memiliki reaksi biokimia seperti ini. Setidaknya penemuan bakteri ini memberi pencerahan bagi para peneliti untuk menuntaskan masalah bau badan hingga ke akar permasalahan.

Produk yang Menarget Thioalcohol

Saat ini produk deodoran di pasaran mampu memberi solusi sementara dengan menyamarkan bau tak sedap tersebut dengan bahan pewanginya. Sedangkan produk antiperspirant mampu menciptakan lapisan tipis berupa gel di atas kelenjar keringat sehingga produksi keringat bisa ditekan. Semakin sedikit keringat yang keluar dari tubuh, semakin sedikit pula yang bereaksi dengan bakteri sehingga bau badan tidak berlebihan. Beberapa merek mengandung alkohol dan komponen antimikroba untuk membunuh bakteri secara acak.

Produk yang tersedia saat ini mampu membuat aroma tubuh tetap segar dan harum selama 12 hingga 24 jam. Berbekal hasil penelitian ini, produk yang bisa langsung menarget bakteri Staphylococcus hominis akan jauh lebih efektif sebagai cara mengatasi bau badan di masa yang akan datang. Semoga saja solusi ini segera tersedia di pasaran.

0 Komentar untuk " Penemuan Baru Bisa Lenyapkan Bau Badan Selamanya "