Motor Mini Depok

Laporan Pembayaran Google Play Book


Hallo Sobat LM...!!! Sebenarnya postingan ini merupakan salah satu bentuk pertanyaan yang belum LM dapatkan baik dari tulisan artikel hasil penelusuran yang dilakukan maupun dari halaman situs support Google Book sendiri. Mungkin posting ini juga sekaligus dapat dijadikan sedikit sharing yang berkaitan dengan Google Play Book. Bagi para publisher Google Play Book juga dapat dijadikan pendapatan online melalui penjualan buku elektronik (ebook) yang diprakarsai Google. Nah, berkaitan dengan itu, LM ingin bercerita sedikit pengalaman, pada tahun 2014, tepatnya bulan Februari, LM mencoba berpartisipasi dengan menjual ebook disana, berikut daftar koleksi buku yang LM jual. Dan pada hari ini ketika membuka akun rekening internet banking LM terkejut karena adanya transfer pada tanggal 04 Agustus 2015 dengan keterangan kode transaksi "STP F60803135578000", berikut SS nya.

Pembayaran Google Play Book

Pembayaran Google Play Book

Karena penasaran dengan kode tersebut LM pun melakukan penelusuran yang berkaitan dengan kata kunci kode STP, namun hasil penelusuran google lebih banyak tentang pajak atau yang merupakan kepanjangan dari Surat Tagihan Pajak yang ditujukan kepada wajib pajak. Awalnya seperti berpikir cara orang awam, LM memaknai kode tersebut bahwa LM disuruh bayak pajak, tapi kok malah ditransfer. Masa ada orang pajak yang transfer LM pikir, ga mungkin lah, seperti singkatan itu tidak berkaitan dengan yang LM cari. LM pun kembali ke pencarian dengan kata kunci transfer bank STP, disini LM mulai mendapat gambaran, LM coba ambil kesimpulan sementara (belum tentu benar) kalau STP adalah singkatan dari Solid Trust Pay yang dapat LM pahami kalau ada transfer internasional antar bank dunia (Bank Wire transfer), atau dengan bahasa sederhananya ada transfer ke akun rekening bank yang berasal dari luar negeri.

Dengan berbekal sedikit petunjuk itu, LM kembali telusuri dari mana transfer itu berasal, karena memang tidak ada pemberitahuan sama sekali, apakah laporan via email atau telepon kalau sudah terjadi pembayaran. Awalnya LM berpikir itu dari pembayaran affiliasi luar negeri yang pernah LM ikuti dulu, setelah buka beberapa akun tetap tidak menemukan terlebih LM pikir sudah gagal dalam mengikuti semua affiliasi seperti Amazon maupun affiliasi lainnya. Barulah kemudian LM membuka akun Google Play Book setelah sekian lama tidak pernah LM kunjungi, tapi anehnya juga tidak ada laporan pembayaran ataupun informasi lainnya yang terkait.

Di dalam akun tersebut memang ada menu "Analytics & Laporan" namun di dalamnya tidak memuat info pemberitahuan bahwa pembayaran telah diberikan, tidak seperti Google AdSense yang memberikan email pemberitahuan jika sudah terjadi pembayaran. Disana cuma ada tiga jenis laporan, Laporan Ringkasan Penjualan Google Play, Laporan Transaksi Penjualan Google Play, dan Laporan Lalu Lintas Google Buku. Ya sudah, karena ada tombol "Ekspor Laporan Lengkap" di situ, jadi semua laporan LM unduh. Dari semua laporan itu, ada laporan "Google Sales Summary Report" yang paling relevan untuk mendapat jawaban dari mana sumber transfer ke akun LM, berikut SS nya.

Laporan Google Play Book

Dari laporan tersebut, LM analisis dengan menjumlah kolom "Total Publisher Earnings" sesuai dengan jumlah yang ditransfer. Namun, yang tetap menjadi pertanyaan dasar LM yang belum menemukan jawaban adalah kenapa Google tidak memberikan notifikasi berupa pemberitahuan laporan pembayaran Google Play Book. LM sudah mencari pada kotak masuk email dengan rentang 7 hari sebelum dan sesudah tanggal transaksi tetap tidak ditemukan. Mungkin sobat sekalian, khususnya yang juga menjadi publisher di Google Book dapat memberikan LM sedikit pencerahan? Trims sebelumnya atas komentar jawaban yang diberikan. Salam Blogger.

0 Komentar untuk " Laporan Pembayaran Google Play Book "