Motor Mini Depok

5 Tips Cara Mengoptimalkan SEO Gambar


Hallo Sobat LM...!!! Berlawanan dengan kepercayaan populer pada optimasi mesin pencari (SEO) dengan menembak kata kunci, SEO gambar juga tidak kalah pentingnya untuk membuat posisi website sobat berada di halaman pertama hasil pencarian (SERP). Mesin pencari, seperti Google dan yang lainnya mempertimbangkan banyak faktor yang berbeda, mulai kata kunci terpercaya, kecepatan waktu untuk membuka halaman, usia domain, dan banyak lain sebagainya ketika menentukan di mana untuk menempatkan peringkat situs sobat di halaman hasil mesin pencari. Nah, jika sobat ingin meningkatkan kemampuan SEO ke tingkat berikutnya, SEO Gambar adalah langkah yang tepat untuk memulainya. Kecuali jika memang sobat adalah seorang seorang fotografer dan memposting artikel bergambar yang berkaitan dengannya, maka sobat mungkin tidak terlalu memikirkan bagaimana Google dan mesin pencari lainnya menjelajahi situs sobat dan mencari gambar. Namun meskipun demikian, dengan optimalkan SEO gambar untuk pencarian tidak hanya meningkatkan peringkat untuk gambar sobat, namun SEO gambar juga dapat membantu meningkatkan peringkat website sobat untuk kata kunci yang sobat bidik.

Cara Mengoptimalkan SEO Gambar

Cara Mengoptimalkan SEO Gambar

Mungkin sobat pernah berpikir, apakah Google tahu tentang semua gambar yang ada di situs sobat? Ya, Google tahu semua dan sobat tidak akan bisa menipunya. Sama dengan kata kunci berbasis SEO, Google dapat membaca rincian tertentu tentang gambar tanpa bantuan ekstra, seperti warna, bentuk dan objek dasar (wajah, manusia, hewan, pemandangan, dll), teks yang muncul sebagai bagian dari gambar, metadata gambar, nama file, ALT teks, data EXIF ​​(data yang tersimpan seperti kecepatan shutter, aperture, model kamera, tanggal dan waktu membuat, dll). Meskipun Google memiliki kemampuan untuk membaca rincian ini, tidak berarti ini selalu lakukan. Sobat dapat meningkatkan peringkat mesin pencari dengan membuatnya sedikit lebih mudah di search engine dengan memberitahunya tentang informasi gambar sobat. Berikut adalah 5 tips cara untuk mengoptimalkan SEO gambar.

1. Judul
Selalu gunakan nama file deskriptif untuk judul gambar. Jika sobat menggunakan hasil fotografi asli, kamera akan menampilkan pengaturan pabrikan, seperti DCS_0012.jpg, itu tidak akan memberikan nilai apa-apa untuk SEO gambar. Gunakan nama file dengan kata-kata deskriptif tentang gamba yang relevan di mana kata-kata dipisahkan oleh tanda hubung bukan garis bawah. Buatlah deskripsi gambar dengan kata kunci yang terkait. Pikirkan tentang bagaimana orang mencari dan memasukkan kata kunci di mesin pencari untuk menemukan gambar sobat.

2. ALT Tags
ALT tag merupakan medan HTML yang menyediakan informasi lebih lanjut tentang gambar untuk mesin pencari. ALT tag terutama ditujukan untuk meningkatkan aksesibilitas yang merupakan persyaratan untuk meningkatkan SEO gambar. Sementara setiap kata kunci lainnya dalam artikel dapat berdampak pada bagaimana gambar sobat ditemukan, ALT tag berhubungan langsung informasi lebih lanjut tentang gambar unutk mesin pencari. Jadi jangan lewatkan, sobat dapat menggunakan ALT tag untuk memperluas deskripsi nama file. Misalnya, gambar yang digunakan di bagian atas blog LM ini menggunakan nama file "cara-meningkatkan-seo-gambar.jpg." Karena itu adalah kata kunci longtail yang tepat untuk mengoptimalkan blog ini, maka LM menggunakan ALT tag yang sama. Namun jika LM menggunakan judul gambar hanya "optimize.jpg", LM bisa menggunakan dengan mengisi "cara mengoptimalkan gambar untuk SEO" untuk ALT tag guna memperluas judul gambar.

3. Keterangan
Ketika Google menemukan gambar tanpa nama file deskriptif atau tag ALT, maka Google akan mencoba untuk memahami isi dari suatu gambar dengan beberapa keterangan di sekitarnya. Keterangan adalah salah satu lokasi pertama mesin pencari untuk menentukan informasi lebih lanjut tentang gambar. Pada WordPress khususnya, sobat dapat selalu melihat keterangan kotak abu-abu atau cokelat yang muncul di sekitar gambar saat keterangan ditambahkan. Pada Blogspot biasanya keterangan diletakan pada bagian bawah gambar. Sebelum sobat menambahkan keterangan, pastikan keterangan relevan dengan gambar, itu akan menambah nilai untuk mesin pencari.

4. Ukuran gambar
Belakangan ini, SEO adalah semua tentang kecepatan. Salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kecepatan halaman adalah ukuran gambar. Sebagai netizen, kita telah terbiasa untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat, dan tidak selalu bersedia untuk menunggu lama saat website atau halaman web dimuat. Mesin pencari tahu ini, dan kemudian digunakan sebagai informasi untuk memberikan pengalaman terbaik kepada orang-orang yang menggunakannya. Akibatnya peringkat mesin pencari situs sobat dapat dirugikan jika waktu membuat untuk membuka halaman terlalu lama. Gambar yang akan digunakan harus 72 dpi (dots per inch). Kualitas yang dibutuhkan dari suatu gambar yang akan digunakan di web adalah sangat berbeda untuk kualitas cetak. Selalu pastikan gambar sobat memiliki ukuran kecil untuk mengakomodasi kecepatan halaman.

5. Konteks
Gambar dapat menjadi pembeda visual yang menakjubkan untuk sebuah konten situs web, tapi pastikan gambar yang sobat gunakan relevan. Ini mungkin tampak sangat menarik untuk mengikuti tren gambar, namun tetap pastikan bahwa isi dari gambar tetap relevan. SEO adalah bidang yang sangat kompleks, dengan cara mengoptimalkan SEO gambar akan membantu Google untuk memahami situs sobat lebih baik dan akan meningkatkan peringkat.

0 Komentar untuk " 5 Tips Cara Mengoptimalkan SEO Gambar "