Motor Mini

Cara Mengubah User Agent di Browser Chrome dan Firefox


Hallo Sobat LM...!!! User Agent adalah identitas browser unik yang memberitahu web server jenis browser apa sobat gunakan. Tergantung pada user agent, server web dapat memutuskan untuk membangun halaman web menggunakan format yang berbeda, seperti versi desktop dan mobile atau informasi OS dan spesifik halaman. Namun, user agent juga dapat diubah langsung dari dalam browser sebagai trik server web dalam menyediakan informasi dengan cara tertentu. Hal ini sangat berguna jika sobat adalah seorang pengembang website untuk menguji situs sobat yang sangat berguna untuk melihat bagaimana website sobat terlihat pada browser yang berbeda dan perangkat. Dalam artikel ini, LM akan menunjukkan bagaimana cara mengubah user agent di browser Chrome dan Firefox.

User Agent Browser

 User Agent Browser Chrome

Mengubah User Agent di Chrome

Klik pada menu utama yang terletak di sudut kanan atas layar dan dari menu drop down, arahkan kursor mouse sobat ke "Tools" dan klik pada "Developer Tools". Kemudian klik pada "Show Drawer" ikon yang terletak di sisi kiri dari "Gear" ikon. Dari pilihan baru, klik pada "Emulation" tab. Jika sobat tidak melihat pilihan di dalamnya, klik pada ikon gambar "mobile phone" untuk mengaktifkan emulasi dan pilihan akan muncul. Klik pada "Network" yang terletak di panel kiri dan sobat akan melihat pilihan untuk "Spoof User Agent" dengan menu drop ke bawah. Cukup klik pada menu drop-down dan pilih user agent yang ingin sobat gunakan. Kemudian refresh halaman dengan menggunakan tombol refresh terletak di sudut kiri atas jendela. Efek akan diterapkan dan sobat dapat menutup developer tools untuk melihat tampilan halaman website. Sobat dapat kembali me-refresh halaman untuk menghilangkan efek dan mengembalikan tampilan normal.

Mengubah User Agent di Firefox

Perlu sobat ketahui bahwa Firefox tidak membuat mudah untuk merubah user agen kepada penggunanya. Inilah sebabnya, lebih baik sobat cukup menggunakan add-on User Agent Overrider yang akan melakukannya untuk merubah user agent di Firefox. Setelah men-download-nya sobat akan melihat ikon di sisi kanan address bar dengan tombol menu drop down dan kemudian hanya perlu me-refresh halaman untuk melihat hasilnya.


0 Komentar untuk " Cara Mengubah User Agent di Browser Chrome dan Firefox "