Motor Mini Depok

5 Fakta Misteri Benua Antartika Menakjubkan


Hallo Sobat LM...!!! Sebuah benua sendiri yang masih terus membangkitkan misteri antartika karena belum banyak yang benar-benar kita tahu tentang samudra antartika. Jika sobat bertanya tentang karakteristik benua antartika yang secara umum diketahui adalah kemungkinan segala sesuatu yang berhubungan dengan letak astronomis benua antartika, tentang penguin yang tinggal di sana atau laut antartika yang mencair. Antartika adalah benua terbesar ke-5 di dunia terletak di wilayah Kutub Selatan dengan tanpa negara yang memiliki daratan tertutup es hingga ketebalan 2.8 km. Dengan ketebalan es tersebut, benua antartika menjadi tempat terdingin di Bumi dengan suhu mencapai -85° dan -90° Celsius di musim dingin serta 30° lebih tinggi di musim panas. Para ilmuwan dan peneliti umumnya mengamati benua antartika dengan elang berkamera untuk melakukan penelitian tentang sejarah, arkeologi, geologi dan fakta ilmiah. Dari semua penelitian yang dilakukan di sana, berikut adalah beberapa fakta misteri benua antartika yang menakjubkan.

Benua Antartika

Benua Antartika

1. Antartika mengandung 70 persen air tawar dalam bentuk es
Dengan ketebalan es 2.8 kilometer sehingga para penelitian harus mencari alternatif ketika mulai kehabisan air. Berat es ini telah tertekan oleh batuan dasar 600 meter.

2. Antartika adalah rumah bagi beberapa spesies unik, baik flora dan fauna
Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang berpikir tentang Antartika yang amat sangat dingin sampai-sampai disebut tidak ada kehidupan. Tetapi ada beberapa spesies endemik yang tidak ditemukan ditempat lain di dunia. Sekitar 1150 spesies jamur telah direkam dari Antartika, dimana sekitar 750 yang non-lumut serta ditemukan nyamuk Belgica antartika dengan panjang 6 milimeter. Selain itu, adanya kerajaan penguin sebagai satu-satunya penguin yang melahirkan selama musim dingin di Antartika, sedangkan keturunan penguin Adelie lebih jauh ke selatan daripada penguin lainnya. Penguin Rockhopper yang memiliki bulu khas di sekitar mata, memberikan penampilan bulu mata yang rumit. Penguin raja, penguin chinstrap, dan penguin gentoo juga berkembang biak di Antartika.

3. Antartika adalah pusat penelitian
Menurut Wikipedia setiap tahun, para ilmuwan dari 28 negara yang berbeda melakukan eksperimen. Di musim panas lebih dari 4.000 ilmuwan mengoperasikan stasiun penelitiannya di benua antartika. Jumlah ini menurun ke lebih dari 1.000 di musim dingin. Stasiun McMurdo, yang merupakan stasiun penelitian terbesar di Antartika dengan lebih dari 1.000 ilmuwan, pengunjung, dan wisatawan.

4. Antartika berisi meteorit
Menurut penelitian, meteorit pertama ditemukan pada tahun 1912, dan diberi nama meteorit Adelie Land. Pada tahun 1969, sebuah ekspedisi Jepang menemukan sembilan meteorit. Sebagian besar meteorit tersebut jatuh ke lapisan es jutaan tahun lalu. Gerak dari lapisan es di benua antartika membuat meteorit memblokir lokasi seperti pegunungan, dan erosi angin membawa meteorit ke permukaan setelah berabad-abad di bawah salju. "

5. Antartika memiliki tanah (hipotesis)
Secara historis, navigator dan pelaut mencoba yang terbaik untuk mencapai Antartika untuk menemukan penampakan dari tanah. Pada bulan Januari 1773, penjelajah James Cook datang sedekat 75 mil ke benua tetapi kemudian mundur setelah menghadapi es. Orang pertama yang berlayar ke samudra antartika adalah David Henry Lewis dari Selandia Baru pada tahun 1972 dengan menggunakan sekoci baja 10 meter yang disebut Ice Bird.


0 Komentar untuk " 5 Fakta Misteri Benua Antartika Menakjubkan "