Motor Mini Depok

Contoh Teks Wawancara Kerja yang Tak Biasa Diajukan


Hallo sobat LM...!!! Wawancara kerja adalah pengalaman stres dan menantang, terutama jika sobat sangat rentan terhadap kecemasan atau merasa memiliki kekurangan dalam rasa percaya diri. Hal ini juga sangat sulit bagi siapa saja yang menemukan kesulitan untuk berpikir jernih di bawah tekanan, karena pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kerja sering memerlukan ketelitian dalam memberikan jawaban terbaik yang perlu diartikulasikan, seperti yang pernah LM ulas dalam Pertanyaan Jebakan yang Biasa Diajukan Saat Wawancara Kerja. Hal ini juga penting untuk tips wawancara kerja bahwa sobat harus memahami hak-hak sebagai subjek yang diwawancarai, karena ada sejumlah pertanyaan yang sebenarnya dilarang namun tidak menutup kemungkinan juga diajukan saat wawancara kerja sedang berlangsung. Dengan memahami arahan ini dan batas-batas yang ada antara sobat dengan pewawancara, sobat setidaknya dapat lebih menikmati wawancara dengan sedikit stres dan lebih produktif dalam menjawab semua pertanyaan. Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut adalah contoh teks wawancara kerja yang tak biasa diajukan.

Contoh Teks Wawancara

Contoh Teks Wawancara Kerja

1. Berapa usia Anda?
Mungkin yang paling umum dalam pertanyaan wawancara, pewawancara sering tertarik untuk menentukan usia Anda sebagai kandidat. Meskipun informasi ini mungkin telah disertakan pada surat lamaran kerja sobat, sebenarnya orang yang melakukan wawancara tidak memiliki hak secara langsung atau tidak langsung untuk meminta usia sobat selama proses wawancara. Apakah pertanyaan ini ditanyakan langsung atau tidak langsung, respon yang Anda berikan sepenuhnya pada kebijaksanaan sobat untuk memberikan jawaban. Jika sobat merasa nyaman menjawab pertanyaan sobat berhak untuk melakukannya, tetapi jika tidak sobat dapat meminta apakah ada atau tidak relevan usia dengan pekerjaan.

2. Apakah Anda menikah?
Ada istilah yang disebut diskriminasi terhadap kehamilan yang telah dibuat pengusaha untuk mencegah ibu atau pelamar wanita. Sebenarnya pertanyaan yang tak biasa diajukan saat wawancara kerja ini dilarang untuk meminta informasi tentang rencana keluarga, termasuk pernikahan, dan perencanaan anak. Meskipun dapat diajukan dalam percakapan santai, tetapi sobat harus ingat bahwa sobat tidak diwajibkan untuk mengungkapkan informasi pribadi apapun seputar gaya hidup atau status keluarga. Jika pertanyaan ini diajukan, sobat dapat merespon dengan mengatakan bahwa sobat tidak nyaman untuk mendiskusikan kehidupan pribadi dalam lingkungan profesional.

3. Apa orientasi seksual Anda?
Pada catatan yang sama, ini tidak memiliki relevansi pada setiap posisi pekerjaan, dan setiap manajer mempertanyakan tentang seksualitas sobat maka dia telah melakukan pelanggaran yang jelas. Berbeda dengan dua pertanyaan sebelumnya yang bisa dijawab pada kebijaksanaan sobat saat menjawab, tetapi pada pertanyaan ini sobat harus merespon tegas. Lebih khusus, sobat harus mengingatkan hak sobat sebagai calon pekerja dengan memperkuat jawaban bahwa preferensi seksual adalah topik yang tidak cocok dalam percakapan di tempat kerja.

4. Apakah Anda pernah ditangkap?
Pertanyaan ini merupakan wilayah abu-abu, sebagai pewawancara memiliki hak untuk menanyakan apakah sobat pernah dihukum karena terlibat tindak kejahatan. Mereka sebenarnya tidak berhak untuk menanyakan tentang catatan kriminalitas (jika ada), namun karena sobat ditetapkan oleh hukum tidak bersalah, misalnya dalam kasus di mana sobat telah ditahan oleh polisi tapi tidak dihukum. Tetapi bagaimanapun, lebih baik sobat jujur dan terbuka tentang masa lalu jika memang sobat pernah ditangkap. Jika tidak, sobat dapat menjawab pertanyaan ini dengan menegaskan kembali bahwa sobat tidak pernah dihukum karena kejahatan.

5. Anda dari negara mana?
Bagi siapa pun dengan keturunan campuran, kewarganegaraan ganda atau aksen eksotis, pertanyaan ini mungkin tampak sedikit lebih dari rasa ingin tahu sang pewawancara. Terlepas dari niat di balik itu, bagaimanapun, pertanyaan ini adalah tidak biasa diajukan dan dilarang atas dasar bahwa itu melibatkan negara asal. Sobat tidak diharuskan untuk mengungkapkan informasi untuk menanggapi pertanyaan ini, karena kualifikasi dan pengalaman dari latar belakang sobatlah yang menentukan kelangsungan pekerjaan nanti. Jika memang diperlukan, sobat dapat menganggapi dengan menegaskan kembali bahwa status sobat sebagai calon pekerja telah memenuhi syarat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

6. Apa agamamu?
Seiring dengan pertanyaan yang berkaitan dengan orientasi seksual, ini adalah salah satu contoh teks wawancara kerja terburuk yang tak biasa diajukan selama wawancara. Meskipun informasi ini sudah tertulis jelas dalam daftar riwayat hidup yang sobat lampirkan, perusahaan sebenarnya ingin menanyakan apakah ada hari atau periode di mana sobat tidak bersedia untuk masuk bekerja, karena hal ini berkaitan dengan jadwal tertentu dan jam operasi dari perusahaan yang bersangkutan. Jadi meskipun sobat dapat menjawab pertanyaan ini dengan jujur, sobat juga dapat menolak untuk mengungkapkan keyakinan agama atau pandangan tertentu terhadap agama.

7. Bagaimana Anda mendapatkan bekas luka atau kelainan fisik?
Ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang, tetapi itu adalah pertanyaan yang sangat pribadi dan sensitif yang tidak memiliki manfaat dalam sebuah wawancara atau situasi profesional. Fakta bahwa pertanyaan yang tak biasa diajukan ini adalah diskriminasi terhadap orang dengan cacat fisik dan sobat tidak berkewajiban untuk menanggapi. Jika pertanyaan ini diajukan, maka sobat dapat menggarisbawahi bahwa itu bukan masalah yang ingin dibahas karena membuat merasa tidak nyaman.

0 Komentar untuk " Contoh Teks Wawancara Kerja yang Tak Biasa Diajukan "