Motor Mini Depok

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan dan Otak


Hallo Sobat LM...!!! Pastinya hampir semuanya di bagian dunia menyukai musik. Nah buat setiap penggemar musik sepertinya harus tahu juga manfaat mendengarkan musik dan kekuatan luar biasa yang memilikinya bagi kesehatan dan otak atau pikiran juga emosi bahkan spiritual. Musik selalu dapat mengubah hari-hari yang biasa saja menjadi suatu hari yang luar daripada biasa. Karena dengan mendengarkan musik dapat memberikan hiburan dengan sensasi yang kuat dan masih banyak lagi manfaat dari mendengarkan sebuah musik. Musik sangat mempengaruhi sebagian dari kesehatan dan otak kita yang kemudian menyebar lebih lanjut melalui pikiran dan tubuh kita dan keluar sebagai efek ke dalam lingkungan sosial seseorang. Apa saja manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan dan otak, berikut ulasannya

Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

1. Meningkatkan IQ
Mendengarkan musik atau bahkan berlatih alat musik tidak hanya meningkatkan kemampuan bermain musik tapi juga dapat meningkatkan keterampilan visual dan lisan. Sebuah studi dari anak berusia 8 hingga 11 tahun ditemukan bahwa mereka yang mengikuti kelas musik ekstra kurikuler memiliki verbal IQ dan kemampuan visual lebih tinggi ketimbang dengan anak tanpa pelatihan musik. Ini menunjukkan manfaat mendengarkan musik bisa meluas ke kognisi dan persepsi visual.

2. Perasaan menggigil
Apakah sobat pernah merasa seperti menggigil bawah tulang belakang sewaktu mendengarkan musik? Menurut sebuah studi oleh Nusbaum dan Silvia (2010), lebih dari 90% dari kita memilikinya. Berapa banyak sobat merasa, itu tergantung pada kepribadian masing-masing individu. Mereka yang kerap merasa menggigil saat dengar musik cenderung memiliki kepribadian baik dengan keterbukaan pikiran yang sangat luas terhadap sesuatu hal yang baru untuk dipelajari.

3. Mendapat kebahagiaan
Jika sobat tidak merasa menggigil saat dengar musik, mungkin harus mencoba sedikit lebih keras. Karena sebuah studi terbaru oleh Ferguson dan Sheldon (2013), responden yang mendengarkan musik klasik oleh Aaron Copland secara aktif mencoba untuk merasa lebih bahagia, mereka bisa merubah suasana hati menjadi sebuah kebahagiaan dari pada orang-orang yang secara pasif mendengarkan musik.

4. Kepuasan tinggi
Karena musik sering menjadi kegiatan sosial sehingga mereka dapat bernyanii bersama-sama. Sebuah studi pada hampir seribu murid di Finlandia yang mengambil bagian dalam kelas musik, menemukan mereka melaporkan kepuasan yang lebih tinggi di sekolah di hampir setiap bidang mata pelajaran (Eerola & Eerola, 2013). Bernyanyi dalam paduan suara dan ansambel adalah kegiatan populer di kelas musik. Studi lain telah menetapkan bahwa orang merasa sangat memuaskan untuk melakukan sinkronisasi satu sama lain yang meningkatkan afiliasi dalam grup dan bahkan membuat orang-orang seperti bersatu dari sebelumnya.

5. Kesehatan jantung
Mendengarkan musik dapat membantu mengendalikan stres dan kecemasan yang terkait dalam pengobatan penyakit jantung koroner. Review dari 23 studi yang meliputi hampir 1.500 pasien menemukan bahwa mendengarkan musik bermanfaat bagi jantung, tekanan darah dan kecemasan dalam penyakit jantung pasien (Bradt & Dileo, 2009).

6. Musik menyedihkan menyenangkan
Mengapa kita menikmati saat mendengarkan musik sedih? Manajemen suasana hati adalah alasan nomor satu orang suka musik. Semua penggemar musik tahu bahwa musik dapat memiliki efek katarsis. Namun, hal ini masih aneh bagi beberapa orang. Ternyata musik menyedihkan dapat meningkatkan suasana hati. Mengapa? Menurut sebuah studi oleh Kawakami et al. (2013), musik menyedihkan adalah musik menyenangkan karena ia menciptakan campuran yang menarik emosi, beberapa negatif, positif. Kita akan merasakan emosi negatif dalam musik, tetapi tidak akan merasa negatif.

7. Wajah bahagia
Musik dapat membuat sobat merasa berbeda, karena mendengarkan musik dapat mengubah cara sobat menilai emosi di wajah orang lain. Sebuah studi oleh Logeswaran et al. (2009) menemukan bahwa hentakan musik membuat responden memahami wajah lain sebagai orang yang sedang bahagia. Hal ini juga berlaku saat mendengarkan musik menyedihkan.

8. Warna musik
Musik alami membuat orang berpikir warna tertentu. Di seluruh budaya yang berbeda, orang tertentu menyukai jenis musik dengan warna-warna tertentu. Dalam sebuah studi oleh Palmer et al. (2013), responden menunjukkan kesamaan yang luar biasa dalam menghubungkan warna-warna lebih gelap dan kusam dengan musik sedih dan warna-warna jelas dengan musik yang lebih bahagia.

9. Membawa visi
Mendengarkan musik bisa membawa kembali visi sobat, mengapa? Dalam 60% dari orang yang memiliki stroke, bidang visual otak yang terpengaruh. Hal ini menyebabkan visual mengabaikan pasien yang kehilangan kesadaran objek di sisi berlawanan untuk otak yang telah rusak. Namun, penelitian telah menemukan, ketika pasien mendengarkan musik favorit mereka, beberapa perhatian visual mereka telah dipulihkan (Tsai et al., 2013). Jadi, musik dapat menjadi alat penting dalam rehabilitasi pasien stroke.

10. Bayi menari
Bayi berusia berkisar lima bulan atau lebih akan merespon musik berirama dan tampak menemukan lebih menarik daripada percakapan orang tuanya. Dalam sebuah studi oleh Zentner dan Eerola (2010), bayi secara spontan menari-nari untuk semua jenis musik, dan orang-orang yang melihatnya dalam waktu bersamaan juga tersenyum.

0 Komentar untuk " Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan dan Otak "