Motor Mini Depok

Google Menyatakan Perang Terhadap Iklan Injector


Hallo Sobat LM...!!! Bagi sobat yang sering menggunakan internet mungkin pernah mengalami layar monitor, baik di PC maupun smartphone seringnya muncul iklan yang membuat tidak nyaman. Umumnya iklan yang tidak diinginkan itu disebut sebagai "iklan serobotan" yang dilakukan pengiklan atau provider nakal, seperti Telkomsel dan XL sebagaimana yang sedang diperjuangkan dalam sebuah petisi. Apa sih kerugian yang ditimbulkan? Seperti dilansir di halaman situs petisi tersebut adalah praktik iklan ini mengganggu kenyamanan dalam mengakses informasi. Sedangkan bagi pemilik pemilik situs atau media online sebagai pihak yang menayangkan dan bertanggung jawab atas semua iklan yang tayang banyak keluhan dari pengguna.

Iklan Injector

Google Iklan Injector

Sebagai pemilik situs, LM pun pernah mengalami hal demikian dan kerugian yang ditimbulkan menyebabkan pendapatan adsense menurun, berikut contoh link berdasarkan URL perujuk dari analytics tool:

http://ibnads.xl.co.id/interstitial?orgUrl=http%3A%2F%2Fow.ly%2F2WlM3s&clickUrl=http%3A%2F%2Fibnads.xl.co.id%3A80%2Fads-click%3F%26adsTransactionId%3DD0527129994189646%26targetUrl%3Dhttp%253A%252F%252Fbfun.net%252F%253Famor2%26orgUrl%3Dhttp%253A%252F%252Fow.ly%252F2WlM3s%26i%3Dnull&adsTransactionId=D0527129994189646&interstitialTimeout=7&width=320&height=480&i=null

Jika sobat sebagai pemilik bisa ikut berpartisipasi mendukung petisinya melalui link Hentikan Praktik Intrusive Advertising (Interstitial & Off-deck) Tanpa Seijin Pemilik Situs dan Konsumen

Bagi sobat pemilik situs, lemahnya tindakan nyata dari pemerintah terhadap hal ini (meskipun telah banyak tanda tangan pendukung petisi) sepertinya akan sedikit mengurangi kekuatiran karena Google menyatakan perang terhadap iklan injector. Sebagaimana dinyatakan dalam blog resminya Google Online Security bahwa menurut Nav Jagpal, Software Engineer, Safe Browsing, telah menerima lebih dari 100.000 keluhan dari pengguna Chrome sejak awal 2015 dan terhadap iklan injector ini Google telah sangat vokal untuk melawannya. Jagpal juga menunjukkan bahwa iklan injector tidak hanya mengganggu pengguna Chrome, tetapi juga untuk penerbit sah dan pengiklan.

Jadi Google memiliki kebijakan program pengembang melalui ekstensi chrome yang akan memblokir semua iklan injector dan perangkat lunak yang tidak diinginkan serta melarang pengiklan memasukkan ruang iklan tanpa izin. Sebagai bagian dari kampanye yang sedang berlangsung, Google merilis pada tanggal 1 Mei yang akan menangani iklan injector yang tumbuh dan memberikan laporan iklan serobotan tersebut diklasifikasikan sebagai malware.

0 Komentar untuk " Google Menyatakan Perang Terhadap Iklan Injector "