Motor Mini Depok

Khasiat dan Manfaat Kulit Buah Naga Merah


Hallo Sobat LM....!!! Kali ini, LM akan membahas tentang suatu buah yang masih lumayan baru di Indonesia. Apa itu? Yang LM maksud adalah buah naga. Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah, yang sekarang sudah menyebar hingga ke Indonesia. Buah ini umumnya ada 2 jenis, yaitu buah naga merah dan putih. Hmm... kalian sudah pernah makan buah naga kan? Kalau sudah LM mau tanya. Kalau kalian yang dikonsumsi apanya? (gubrak!!!!! ya daging buahnya lah!). Jangan meremehkan dulu ya. Di 2015 ini, apa sih yang nggak? Sekarang ini ya, bagian dari buah naga yang bisa dimakan tidak hanya daging buahnya, tapi juga kulit buahnya. Mau tahu khasiat buah naga lebih lanjut? Sebelumnya, intip dulu manfaat dari daging buah naga ini sendiri ya.

Manfaat Buah Naga Merah

Manfaat Buah Naga Merah

Manfaat buah naga adalah sebagai berikut.
1. Menurunkan berat badan atau diet.
2. Meningkatkan imun tubuh.
3. Mencegah terjadinya resiko kanker.
4. Menunda penuaan dini.
5. Memperkuat tulang dan gigi.
6. Meningkatkan nafsu makan.
7. Menjaga kesehatan syaraf.
8. Merawat wajah atau kecantikan.
9. Melancarkan pencernaan.
10. Melancarkan sistem peredaran darah. Dll

Nah, sekarang baru ke kulitnya. Sebenarnya ada apa sih di dalam kulit buah naga ini sehingga dibuang sayang? Kulit buah naga mengandung . Manfaatnya banyak lho. Gak hanya buat kesehatan, tapi juga berguna untuk kehidupan sehari-hari. Coba tebak, apa saja manfaat dan kegunaan dari kulit buah naga ini? Hmm... BTW, buah ini disebut buah naga karena memang kulitnya bersisik mirip naga ya? Kurang lebih seperti itu. Mau tahu lebih lanjut tentang manfaat kulit buah naga? Lanjut bacanya yuk...

Manfaat kulit buah naga yang pertama adalah melenturkan pembuluh darah. Kulit buah naga dipercaya mengandung zat pentacyclic, triyepene, dan taraxast yang bisa membuat lentur pembuluh darah, sehingga darah mengalir lancar ke seluruh tubuh dan pembuluh darah tidak mudah pecah. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk membasmi sel-sel kanker ataupun tumor ganas. Sebagaimana diketahui, tumor adalah jenis penyakit yang memang tidak sebahaya kanker, tapi tetap saja yang namanya penyakit harus diobati dengan segera, karena jika ganas bisa berubah menjadi kanker yang amat berbahaya dan mematikan. Kanker sendiri merupakan penyakit mematikan yang telah menyebabkan kematian massal tiap tahunnya di berbagai negara.

Manfaat kulit buah naga yang berikutnya adalah dapat mencegah diabetes dan penyakit jantung. Manfaat lainnya adalah untuk melembabkan kulit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelembaban kulit dengan cara mengkonsumsi teh herbal dari kulit buah naga. Tidak hanya khusus untuk melembabkan kulit saja, perawatan kesehatan dengan kulit buah naga juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi teh herbal ini. Ingin cara yang lain? Ada kok, sekarang sudah banyak olahan dari kulit buah naga. Misalnya diolah menjadi tumisan yang enak rasanya. Mau tahu resepnya? Baca dulu sampai bawah ya.

Sebelum LM beritahu resep olahan kulit buah naga, ada satu lagi kegunaan kulit buah naga yang sangat berguna untuk kehidupan sehari hari. Apa itu? Yaitu untuk mendeteksi kandungan boraks atau formalin di dalam makanan. Wow! Seperti kunyit ya berati... ada yang belum tahu bahan apa saja yang bisa buat pendeteksi boraks di makanan? Search di Google aja dulu, atau tunggu artikel LM nanti...

Zaman modern membuat banyak orang menjadi putus asa, karena kebutuhan hidup yang semakin banyak, namun pendapatan yang semakin sedikit. Betul??? Inilah yang menyebabkan banyak orang melakukan kecurangan demi menyambung hidup, salah satunya dengan menambahkan boraks atau formalin ke dalam barang dagangan mereka. Borak dan formalin merupakan bahan kimia berbahaya yang tidak diizinkan penggunaannya ke dalam bahan makanan. Ya... kalian sendiri pasti tahulah apa itu formalin dan boraks?

Seperti yang LM janjikan tadi, di segmen ini LM akan beritahu cara membuat olahan kulit buah naga. Ada dua resep nih. Yang pertama, cara membuat teh kulit buah naga. LM yakin, anda dapat membuat sendiri teh dari kulit buah naga ini karena caranya cukup mudah. Caranya so simple, hanya perlu mengeringkan kulit buah naga di bawah sinar matahari. Kulit buah naga yang sudah kering dipotong-potong kecil dan diseduh menjadi teh. Kalau mau khasiat yang maksimal, gak perlu pakai gula. Konsumsi secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari.

Resep kedua, LM bagi resep Bloody Marry Spaghetti. Untuk resep lainnya, mungkin bisa searching di Google. Langsung aja yuk, inilah resep Bloody Marry Spaghetti.

Bahan :
- Kulit buah naga merah, kupas kulitnya, cuci bersih, lalu iris panjang.
- Angel Hair Spaghetti, sudah di rebus dalam al-dente 100 gram.
- Bawang Bombay ¼ buah, iris panjang.
- Bawang Putih 2 siung, cincang halus.
- Cabai (Cabe) rawit 5 buah, iris bulat tipis.
- Lada (Merica) secukupnya.
- Garam secukupnya.
- Margarin 1 sendok makan.
- Wijen Sangan secukupnya.

Cara membuat:
1. Panaskan margarine, tumis bawang bombay, bawang putih dan cabe rawit hingga harum.
2. Masukkan kulit buah naga merah, aduk rata hingga layu (+/- 2 menit).
3. Masukkan spaghetti, aduk rata. Tambahkan seasoning (lada & garam), aduk rata, kemudian angkat. 4. Taruh di piring saji, taburi wijen. Sajikan selagi hangat.

Nah, itulah ulasan seputar manfaat dari kulit buah naga. Tidak semua yang namanya limbah itu hanyalah sampah belaka. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Oleh karenanya, pikir pikir dulu sebelum membuang sesuatu, karena bisa saja itu masih bermanfaat untuk kalian. Cukup sekian, salam

0 Komentar untuk " Khasiat dan Manfaat Kulit Buah Naga Merah "