Motor Mini Depok

Apa Itu Penyakit Meningitis, Gejala dan Penyebabnya


Hallo Sobat LM....!!! Sebelumnya LM haturkan, Innalillahi Wainalilahi Rojiun atas berpulang ke Rahmatullah Olga Syahputra karena menderita penyakit meningitis. Apa itu Meningitis? Menurut Wikipedia, Meningitis adalah penyakit radang membran pelindung otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi oleh virus, bakteri, atau walaupun jarang juga dapat disebabkan oleh obat tertentu. Dengan jaringan otak membengkak, tekanan di dalam tengkorak akan meningkat dan otak yang membengkak dapat mengalami herniasi melalui dasar tengkorak. Meningitis dapat mengakibatkan konsekuensi jangka panjang seperti ketulian, epilepsi, hidrosefalus dan defisit kognitif, bahkan kematian.

Penyakit Meningitis

Penyakit Meningitis

Gejala Meningitis

Secara umum adalah sakit kepala dan leher kaku disertai oleh demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia) atau suara keras (fonofobia). Ciri penyakit meningitis lain adalah ruam berupa bintik kecil dan banyak tidak beraturan berwarna merah atau ungu di badan. Masalah lain dapat muncul pada tahap awal perjalanan penyakit. Hal ini memerlukan tata laksana khusus, dan kadang-kadang merupakan petunjuk penyakit yang berat atau prognosis yang lebih jelek. Infeksi dapat memicu sepsis, suatu sindrom respons radang sistemik dimana terjadi penurunan tekanan darah, denyut jantung cepat, suhu tubuh abnormal yang tinggi atau rendah, dan peningkatan laju napas. Tekanan darah yang sangat rendah dapat muncul pada tahap awal, khususnya namun tidak eksklusif pada meningitis meningokokus; yang akan mengakibatkan kurangnya suplai darah bagi organ lain.

Penyebab Meningitis

Penyakit meningitis seringkali disebabkan karena infeksi oleh oleh virus yang bervariasi sesuai kelompok usia individu yang terinfeksi. Pada orang dewasa, Neisseria meningitidis dan Streptococcus pneumoniae merupakan penyebab 80% kasus meningitis bakterial. Berbagai virus penyebab meningitis mencakup enterovirus, virus Herpes simpleks tipe 2, virus Varicella zoster (dikenal sebagai penyebab cacar air dan cacar ular), paromiksovirus, HIV, dan LCMV. Beberapa faktor risiko untuk meningitis jamur, antara lain penggunaan obat imunosupresan (misalnya setelah transplantasi organ), HIV/AIDS, dan hilangnya kekebalan yang berhubungan dengan penuaan. Meningitis juga dapat timbul akibat penyebab non-infeksi, seperti penyebaran kanker pada meningen dan obat-obatan tertentu (utamanya obat antiradang non-steroid, antibiotik dan imunoglobulin intravena).


0 Komentar untuk " Apa Itu Penyakit Meningitis, Gejala dan Penyebabnya "