Motor Mini Depok

Tomat Ungu, Keluarga Baru Tomat-Tomatan


Hallo Sobat LM...!!! Sudah tau tomat yang satu ini? Tomat ungu adalah jenis buah baru hasil rekayasa genetika yang kaya zat gizi setara blueberry, sehingga diciptakan untuk menarik konsumen. Darimana pigmen ungunya didapat? Ternyata, pigmen ungu yang disebut anthocyanin ini adalah hasil dari pemindahan gen buah naga (pastinya buah naga yang ungu kemerahan). Nah, persilangan antara tanaman tomat dengan buah naga seperti ini mendorong proses pembetukan zat anthocyanin pada tanaman tomat, sehingga berpengaruh pada buah yang dihasilkan.

Tomat Ungu

Tomat Ungu

Bicara soal anthocyanin, apa pengertian lengkapnya? Anthocyanin adalah enzim pembentuk pigmen ungu yang bisa mencegah kanker, cardio, vaskuler, dan degeneratif, serta bisa mengurangi resiko obesitas dan diabetes. Jadi, anthocyanin itu masih sekerabat sama antioksidan. Yakin kalau tomat ungu yang besarnya tidak seberapa itu punya khasiat yang segudang? Yakin lah... Oh ya, ada kabar lainnya. Tomat ungu bisa dijadikan menu diet yang sehat! Wah, silahkan dicoba....

Semua pernyataan ini telah dipublikasikan oleh London based Nature Publishing Group. Pastinya, mereka tidak asal publish. Semua kandungan tomat ungu telah diujicobakan ke hewan, dan hasilnya luar biasa.  Dari tadi kita bicara soal tomat ungu, tapi belum membahas siapa penemunya? Waduh... yang nulis lupa. Jadi, ilmuwan yang telah berjasa menemukan tomat ungu ini adalah Prof. Cathie Martin, ilmuwan asal Inggris. Katanya, tomat ungu ini bisa mendongkrak nilai gizi dari beberapa produk makanan yang dihasilkan, seperti saus, jus, dan topping pizza.

Tomat ungu ini adalah salah satu produk makanan hasil rekayasa genetika yang berhasil. Jadi tidak apa-apa kalau dikonsumsi secara rutin, begitu kata Prof. Cathie. Saat ini, tomat ungu sudah menjadi komoditas pertanian terbaru di dunia, begitupun di Indonesia (walaupun belum banyak). Tomat ungu memang diciptakan di Inggris, tapi pengembangannya di Kanada. Mengapa begitu? Ada pembatasan tentang produk pangan hasil rekayasa genetika di negara Uni Eropa, misalnya di Inggris. Tentu saja solusinya adalah mencari lokasi lain untuk mengembangkan teknologi tomat ungu ini.

Bagaimana? Tertarik membudidayakan keluarga baru tomat ini? Benihnya bisa didapatkan di toko-toko pertanian atau bahkan di toko online. Percuma kalau penemuan ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Khasiatnya itu ,lho... BIKIN GREGET !!!!!!

0 Komentar untuk " Tomat Ungu, Keluarga Baru Tomat-Tomatan "