Motor Mini Depok

Mengenal Misteri Eureup-Eureup (Sleep Paralysis)


Hallo sobat LM....!!! Tahu istilah eureup-eureup (erep-erepan)? Atau pernahkah sobat tiba-tiba terbangun dari tidur dan merasa sulit bergerak, bahkan seolah berteriak keras tetapi orang lain tidak bisa mendengarnya? Semua anggota tubuh tidak bisa digerakkan seperti mendadak lumpuh, padahal sebenarnya kita menyadari dan mengetahui semua yang terjadi disekitar dan tak jarang kita seperti melihat sosok atau bayangan yang menyeramkan. Sangat menakutkan bukan? Sebagian besar orang beranggapan bahwa peristiwa itu terjadi karena sedang mengalami ketindihan makhluk halus. Hampir setiap orang yang pernah mengalaminya pun akan mempercayai hal tersebut. Namun, sobat tak perlu panik dan terlalu khawatir akan hal tersebut, dalam dunia medis hal seperti itu dikenal dengan nama sleep paralysis. Apa itu sleep paralysis? Mari kita lihat penjelasannya.

Sleep Paralysis

Sleep Paralysis

Sleep paralysis adalah kondisi dimana orang sedang mengalami kelumpuhan tidur seperti yang dijelaskan sebelumnya. Hal ini bisa saja terjadi pada semua orang, biasanya dapat disebabkan oleh stres atau saat kondisi tubuh terlalu lelah dan kurang tidur. Saat pada kondisi tubuh sudah terlalu lelah atau kurang tidur, maka gelombang pada otak tidak mengikuti proses tahapan tidur yang seharusnya. Sleep paralysis akan muncul saat kita mengalami kondisi transisi antara tahap tidur REM (tahap mimpi) dan kondisi sadar, yaitu ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tetapi tubuh belum. Akibatnya kita seakan-akan merasa lumpuh padahal kita sadar. Kita bisa mendengar atau melihat segala sesuatu yang ada di sekitar karena memang alat indera tetap berfungsi, namun untuk memberikan perintah keotot atau menggerakkan tubuh seperti ada penghalang. Sosok menyeramkan yang sering kita lihat saat mengalami sleep paralysis sebenarnya adalah halusinasi yang muncul dan itu merupakan ciri khas dari mimpi kita.

Melihat sosok atau bayangan halusinasi itulah yang mungkin selama ini membuat kita percaya bahwa adanya hal mistis dibalik peristiwa sleep paralysis. Namun secara medis sleep paralysis sebenarnya termasuk hal yang masih normal. Hal itu kadang terjadi beberapa detik saja, walaupun kita merasa sangat lama ketika mengalaminya. Lantas, bukan berarti kita tidak mempercayai keberadaan dari makhluk halus itu sendiri, karena sejatinya makhluk ghaib itu memang benar ada di dunia ini dan kemungkinan apapun bisa terjadi. Oleh karena itu, sobat jangan lupa membaca do’a sebelum tidur ya, agar tidur kita dijaga dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengambil wudhu sebelum tidur juga sangat dianjurkan agar kita tetap dalam keadaan suci sekalipun saat kita tidur. Semoga bermanfaat dan bisa dipahami ya sobat. Salam.

1 Komentar untuk " Mengenal Misteri Eureup-Eureup (Sleep Paralysis) "