Motor Mini Depok

Cara Presentasi Yang Baik di Depan Kelas


Hallo Sobat LM...!!! Ciee.... Yang sebentar lagi mau presentasi di depan kelas... Ha? Kenapa? Takut? Malu? Belum siap atau belum tahu cara presentasi yang baik dan benar? Wah, wah... Bahaya nih... Masa’ mau presentasi malah keder? Tenang, disini LM akan berbagi solusi mengenai cara presentasi di depan kelas yang baik, menyenangkan, dan pastinya gak buat ngompol di celana. Walah... :v ?_? Sebenarnya kalau kalian mau presentasi itu mudah saja tidak perlu melihat contoh presentasi punya teman sobat tetapi hanya dengan cukup mengetahui teknik presentasi yang benar dan tahu cara membuat presentasi yang menarik. Tapi kalau sudah yang namanya grogi itu ya mau bagaimana lagi? Nah, coba ingat singkatan P3K yang satu ini, Kok P3K? Eitts, tunggu dulu, ini bukan “Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan” lho, tapi “Presentasi 3 Kunci”. Apaan itu? Yuk kita ulas selanjutnya satu persatu.

Cara Presentasi Yang Baik

Cara Presentasi Yang Baik

Kunci yang pertama! Siapkan bahan. Yang dimaksud disini adalah menyiapkan bahan yang akan dipresentasikan. Siapkan semua bahan itu dengan sebaik – baiknya. Ingin presentasi atau menampilkan apa? Sebuah cerita? Hasil kliping? Hasil diskusi? Atau yang lain? Pastikan kalian menyiapkan bahan yang benar – benar sesuai dengan apa yang ingin kalian sampaikan. Saat kita sudah mengumpulkan bahan dengan baik dan lengkap, itu sudah langkah pertama keberhasilan tampil di depan kelas, lho...

Kunci yang kedua! Latihan berulang-ulang. Bagaimana kalian nanti akan presentasi? Dengan formal yang tinggal menyampaikan bahan saja atau dengan santai yang nantinya diselingi nyanyian, humor ringan, atau yang lainnya? Nah, coba sekarang ambil kertas dan pulpen. Tulislah sebuah skenario untuk penampilan kita nanti saat presentasi. Tulislah semua yang nantinya harus kita ucapkan, lakukan, atau gayakan. Setelah itu, berlatihlah. Pertama, berdirilah di depan cermin yang besar, atau sekiranya seukuran dengan tubuh kita. Lalu, kalian coba presentasi di depan cermin tersebut. Anggaplah bahwa kalian sendirilah penontonnya. Coba koreksi penampilan sendiri. Setelah itu, cobalah presentasi di hadapan kakak, ayah, ibu, atau siapapun. Jangan lupa meminta mereka untuk menilai dan memberi masukan atas penampilan kita. Kunci kedua pun sudah dikuasai.

Kunci ketiga! Senyum dan salam. Hari yang ditunggu ­ tunggu pun datang. Saatnya presentasi nih. 2 kunci kan sudah dikuasai. Kini tinggal yang ketiga. Sebelum tampil, tenangkan diri dulu. Sampai di depan kelas, tersenyumlah dan ucapkan salam. Kemudian, mulailah presentasi. Pastikan suara kalian cukup keras dan jelas. Sampaikan dengan baik dan benar. Biasanya kan, sesudah presentasi ada yang bertanya. Nah, gak perlu grogi dan takut jika ada pertanyaan. Dengarkan baik ­ baik, dan jawab dengan sesuai. Kalau gak bisa jawab, kalian bisa meminta bantuan dengan cara melempar pertanyaan ke teman yang lain ataupun guru. Its' easy, ok?

Nah, itu tadi cara presentasi yang baik dan benar agar gak grogi saat presentasi. Ada beberapa tips untuk presentasi nih. Rangkuman dari ulasan di atas. Pertama, persiapkan presentasi dari jauh hari, jangan mepet hari H. Kedua, pelajari bahan yang akan dipresentasikan. Ketiga, berkreasilah sebebasnya, asal sesuai tema presentasi. Keempat, latihan di rumah sebelum presentasi di kelas. Kelima, usahakan teman – temanmu gak bosan melihat dan mendengar presentasimu. Jadi bisa diselingi sedikit humor atau meminta teman sobat untuk ambil bagian dalam presentasi. Keenam, dibikin asyik aja! (iklan nih ye...) Percaya diri itu penting lho, untuk keberhasilan dalam presentasi. Ok Sobat, good luck presentasinya ya!

0 Komentar untuk " Cara Presentasi Yang Baik di Depan Kelas "