Motor Mini Depok

Cara Paling Mudah Menyelamatkan Bumi


Hallo Sobat LM...!!! Global warming. Siapa yang tidak merasakannya? Bumi panas sekali. Logikanya nih sobat, sesuatu yang panas harus didinginkan. Begitupun bumi kita. Tapi, apakah artinya kita harus memasukkan bumi ke dalam kulkas raksasa? Ow... sangat tidak mungkin... kutub pun tidak sebesar itu. Lantas, bagaimana? Mau tahu? Ayo. Ayo apa? Ayo goyang dumang? Ih, nggak lah. Ayo kita kembali menyejukkan bumi. Mulai yang sederhana saja. Jadi, tidak perlu sampai menemui Duta Kehutanan. Berikut cara menyelamatkan bumi paling mudah dan sederhana yang sobat bisa lakukan bersama.

Cara Menyelamatkan Bumi

Cara Menyelamatkan Bumi


  1. Cara pertama, matikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai. Gunakan jika benar – benar butuh saja. Jangan lupa, pilih barang elektronik (apapun itu) yang hemat energi.
  2. Cara kedua, belilah pulsa HP yang elektronik. Daripada yang gesek, pemborosan kertas sekali!
  3. Cara ketiga, cuci pakaian pakai tangan saja. Tidak perlu memakai mesin cuci. Ya... selain hemat listrik, olahraga dikit lah ya... kucek – kucek, bilas, peras, jemur...
  4. Cara keempat, atur suhu AC sesuai kebutuhan. Yang dimaksud AC DisIni adalAH Air Conditioning lho ya... bukan Angin Cendela! Semakin dingin suhu, semakin banyak energi yang dipakai. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menutup pintu dan jendela ketika menyalakan AC. Tujuannya adalah supaya energi yang dihasilkan AC tidak terbuang percuma. Cara kelima, untuk bepergian jarak dekat, lebih baik jalan kaki saja. Kalau agak jauh, naiklah sepeda atau delman. Kalau jaraknya sangat jauh, barulah naik kendaraan umum. Kalau sudah sangat kepepet waktu, barulah kalian bisa mengendarai kendaraan pribadi.
  5. Cara keenam, tanamlah banyak tumbuhan dan pohon di halaman rumah. Apalagi, tumbuhan penyerap gas CO2 seperti lidah buaya.
  6. Cara ketujuh, kurangi pemakaian kantong plastik. Contohnya, bawa botol minum dan tempat makan sendiri, selalu siap sedia kantong belanja yang awet dan bisa dilipat jika ingin membeli sesuatu, dan penuhi dahulu sebuah kantong belanja sebelum meminta kantong belanja yang baru.
  7. Cara kedelapan, kurangi atau bahkan stop beli barang impor. Semakin jauh negara asal barang itu, semakin banyak gas buangan kendaraan yang akan mencemari udara. Kan, barang itu jadinya didatangkan dengan banyak kendaraan dengan beragam bahan bakar yang dapat menjadi polutan. Beli yang produk dalam negeri saja deh... cintailah produk sendiri.
  8. Cara kesembilan, usahakan untuk membeli barang yang ada logo daur ulangnya. Jadi, ketika barang itu tidak lagi terpakai, masih bisa didaur ulang deh.
  9. Cara kesepuluh, gunakan kertas sebaik – baiknya. Contohnya : kalau menggunakan komputer dan sejenisnya, simpan saja data di disket atau USB, bukan di kertas. Jangan lupa gunakan kedua sisi kertas untuk ditulisi.
  10. Cara kesebelas sekaligus cara terakhir (tidak juga, karena masih banyak cara yang lainnya), gunakan lagi sampah atau limbah yang masih bisa diolah. Mungkin dijadikan kerajinan dan semacamnya. Intinya, terapkan prinsip 3R! reduce, reuse, recycle!

Itulah beberapa cara menyelamatkan bumi yang sobat bisa lakukan. Bayangkan kalau semua warga di dunia ini melaksanakan cara di atas. Bumi kita pasti adem. Salam.

0 Komentar untuk " Cara Paling Mudah Menyelamatkan Bumi "