Motor Mini Depok

Cara Menghilangkan Noda Kunyit Mudah Cepat


Hallo sobat LM, pasti tau apa si kuning ini. Ya, kunyit dengan nama latin curcuma longa merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia, manfaat kunyit sering ditambahkan ke masakan Indonesia sebagai pewarna alami (kuning), penambah cita rasa, dan sebagai obat tradisional yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan untuk wajah. Tapi, penggunaan kunyit di masa sekarang ini relatif berkurang. Mengapa? Warna kunyit yang kuning itu sangat pekat dan sulit dihilangkan. Bayangkan kalau sobat harus datang ke acara besar berhiaskan tangan kuning. Tidak lucu sama sekali. Nah, LM punya sedikit tips bagaimana cara menghilangkan noda kunyit dengan mudah dan cepat. Mau tahu? Yuk disimak.

Cara Menghilangkan Noda Kunyit

cara menghilangkan noda kunyit

Sebelumnya, agar sobat terhindar dari noda kuning saat sedang mengupasnya, baiknya kupaslah kunyit di bawah air mengalir karena warna kunyit akan langsung hanyut bersama air. Saat mengupasnya, kunyit jangan dipegang erat-erat. Cara ini sedikit efektif dan sedikit ribet juga bagi sebagian orang. Cara kedua mungkin rada simpel. Sebelum mengupas kunyit, lumuri tangan dengan minyak kelapa. Sifat minyak kelapa yang licin membuat warna kunyit tidak sempat melekat di tangan. Cara terakhir merupakan cara paling tepat untuk kalian yang suka instan. Pakailah kunyit bubuk. Masalah rasa mungkin agak berbeda sedikit dengan kunyit segar kupasan sendiri, tapi warnanya tidak sepekat kunyit segar bahkan hampir tidak berbekas. Itu tips kalau sobat mau mengupas kunyit. Tapi kalau sudah terlanjur kena, ikuti tips berikut ini.

Cara menghilangkan noda kunyit di tangan

Gunakan minyak kayu putih, alkohol berkadar ringan, minyak zaitun, minyak jarak, atau parutan lengkuas. Jadi, anda cukup pilih salah satu. Caranya, gosok-gosok salah satu bahan yang sudah anda pilih ke bagian tangan yang terkena noda kunyit hingga pudar. Lalu, cuci tangan (gunakan sabun jika perlu) dan bilas hingga bersih. Ulangi langkah-langkah tersebut jika noda belum hilang.

Cara menghilangkan noda kunyit di pakaian

Gunakan air kapur sirih, garam, atau jeruk nipis. Jika menggunakan air kapur sirih, cukup oleskan ke bagian kain yang kena noda, kucek, dan bilas hingga bersih. Jika menggunakan garam, basahi dulu kain yang kena noda kunyit, lalu taburi garam. Diamkan kain ± 30 menit. Setelah itu cuci dan bilas seperti biasa. Yang terakhir, jika anda menggunakan jeruk nipis, iris jeruk nipis, gosokkan ke kain yang ternodai kunyit =), lalu cuci dan bilas seperti biasa.

Cara menghilangkan noda kunyit di blender

Gunakan pasta baking soda. Cara membuatnya, campur baking soda dengan sedikit air dan aduk hingga teksturnya menyerupai pasta gigi. Jika sudah, oleskan pasta ke perabot, gosok, cuci dan bilas hingga bersih. Ini juga belaku untuk perabotan memasak lainnya.

Cara menghilangkan noda kunyit di lantai

Gunakan pemutih pakaian. Caranya, gosok lantai menggunakan kain lap atau kain pel yang sudah dibasahi pemutih pakaian (cair). Jika sudah bersih, lantai bisa dipel seperti biasa.

Nah, lengkap sudah tips cara menghilangkan noda kunyit dengan mudah dan cepat. Jadi, tidak perlu takut lagi menggunakan kunyit. Ingat kunyit, ingat kari. Ingat kari, jadi lapar. hahaha...!!! Semoga bermanfaat. Salam

2 Komentar untuk " Cara Menghilangkan Noda Kunyit Mudah Cepat "