Motor Mini Depok

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif


Halo Sobat LM...!!! Kegiatan belajar pastinya tidak akan terlepas dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik apakah belajar bahasa inggris dalam arti pendidikan formal yang berlangsung dari tingkat dasar, menengah bahkan sampai tingkat perguruan tinggi maupun belajar dalam pengertian di luar sekolah atau pendidikan informal dan pendidikan nonformal. Dengan kata lain kegiatan belajar belajar bisa terjadi dimana pun dan tik mengenal batasan tempat dan waktu. Namun, lain lagi ceritanya jika sobat tidak terlalu menyukai kegiatan ini atau katakanlah dengan bahasa yang paling kasar orang yang memang tidak ingin ingin pintar. Kebanyakan dari mereka memiliki berbagai macan alasan yang berbeda, mulai dari memang pada dasarnya malas belajar sampai karena merasa sangat kesulitan dalam memahami bahan pelajaran. Begitu pun, dengan cara belajar bahasa inggris, tidak sedikit dari mereka yang keinginan yang kuat untuk cepat bisa menguasasi namun tidak tahu bagaimana cara belajar yang efektif agar mudah belajar bahasa inggris dengan cepat. Nah diluar dari bahan pelajaran bahasa inggris itu, mungkin beberapa tips berikut dapat membantu sobat bagaimana cara cepat belajar bahasa inggris yang baik dan efektif serta menyenangkan. Yuk disimak.

Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris

Bagian terpenting persiapan sebelum belajar bahasa inggris, pastikan suasana hati sobat sedang senang, tenang, damai, dan mood. Kalau suasana hati lagi galau, dijamin belajar dengan cara apapun tidak akan membuat sobat paham. Utamakan untuk mempelajari dahulu materi yang sekiranya lebih ringan bobotnya (tidak ruwet, dan sekiranya lebih mudah dimengerti). Pilihlah tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan, bisa di kamar tidur, ruang tamu, bahkan di dapur. Intinya, sobat harus nyaman selama proses belajar. Cobalah belajar sendiri di waktu yang tepat, yang menurut sobat sangat pas dijadikan jam belajar, bisa belajar pada pagi hari sekitar jam empat. Belajar di waktu pagi menjadikan sobat akan lebih mudah memahami bahan pelajaran karena masih dalam keadaan fresh. lihat juga Contoh Pidato Bahasa Inggris tentang Pendidikan

Jika semua sudah sesuai dengan persiapan tersebut, simak langkah berikut bagaimana cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat namun efektif serta menyenangkan.

Belajar bahasa inggris sambil bernyanyi. Sobat pasti suka menyanyi dan punya lagu favorit kan? Nah, ubahlah liriknya menjadi bahan belajar bahasa inggris. Hafalkan lagu yang sudah sobat buat dengan menyanyikannya berulang-ulang.

Belajar bahasa inggris sambil bergerak. Hafalkan bahan belajar sambil memperagakannya, misalnya sambil melakukan aktivitas, bisa sambil olah raga atau berjalan-jalan. Cara seperti ini membuat kita menjadi lebih aktif dan akan cepat hafal materi dengan sendirinya.

Belajar bahasa inggris dengan menjadi guru. Siapkan bahan pelajaran (mungkin bisa disiapkan juga papan tulis kecil). Baca dan pahami materi belajar. Setelah itu, cobalah sobat berlagak layaknya seperti guru yang sedangkan menerangkan sesuatu kepada murid-muridnya. Jelaskan materi yang sudah sobat baca tadi seperti guru yang sedang mengajar. Lakukan sampai sobat hafal dan paham isi materi tersebut.

Belajar bahasa inggirs sambil bermain. Belajarlah sambil menjadikannya sebagai suatu permainan. Misalnya dengan mengajak teman-teman untuk bermain teka-teki seputar materi yang sedang dipelajari. Kegiatan belajar seperti ini akan menstimulasi ingatan sobat kembali terhadap materi pelajaran.

Belajar bahasa inggris dengan catatan warna-warni. Buatlah catatan (semacam ringkasan) tentang materi belajar. Jangan menggunakan pensil atau pulpen saja. Tulis catatanmu menggunakan spidol warna-warni minimal tiga warna. Catatan yang penuh warna akan membuat sobat tertarik untuk terus membacanya. Dengan cara belajar seperti ini, sobat juga akan terhindar dari yang namanya bosan dan jenuh dalam belajar.

Belajar bahasa inggris dengan kata-kata unik. Cari kata kunci tentang materi belajar sobat. Susun kata-kata tersebut menjadi susunan kata yang unik, menarik, dan terkesan menyenangkan. Misalnya dengan membuat singkatan, cerita, bahkan plesetan lucu.

Belajar bahasa inggris dengan selingan. Kalau sudah belajar, jangan belajaaaaaaarrr..... terus. Berikan jeda pada otak sobat untuk refreshing sejenak. Selingi belajar bahasa inggris sobat dengan sambil makan snack, mendengarkan musik, bahkan menonton TV. Tapi jangan kelamaan refreshingnya, nanti malah lupa...

Nah, itulah beberapa cara cara cepat belajar bahasa inggris yang dapat sobat coba terapkan. Jika sobat dapat baik, LM yakin sobat akan mudah belajar bahasa english dengan cepat. Semoga bermanfaat. Salam. Baca Kumpulan Kata Cinta Mario Teguh Bahasa Inggris

0 Komentar untuk " Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif "