Motor Mini Depok

Perbedaan Google Panda dan Penguin Update


Hallo sobat LM.... Dalam dunia per-seo-an, sering kita mendengar tentang pembaruan algoritma mesin pencari Google atau dikenal dengan istilah Panda dan Penguin Update. Bagi kebanyakan admin dari suatu website dan blog, terlebi bagi mereka yang memang mendulang penghasilan dollar dari internet pastinya ada rasa ketakutan terkena dampaknya. Namun apakah sobat tahu, dalam banyak kasus, relatif sedikit situs yang terkena dampak dari Panda dan atau Penguin Update tersebut, bahkan dengan perubahan itu banyak website justru merasa diuntungkan. Siapa yang diuntungkan? Mereka yang mengisi konten situsnya dengan artikel yang berkualitas dan segar. Setiap dua seri algoritma utama Google, yaitu Panda dan Penguin mengalami pembaharuan selalu dipastikan akan mendapatkan perhatian yang besar para webmaster. Nah, kali ini LM mencoba sedikit membahas, apa sebenarnya perbedaan Panda dan Penguin, dan mengapa sobat harus peduli jika ingin situs sobat mendapat tempat terbaik di SERP.

Google Panda dan Google Penguin

Google Panda dan Penguin

Alasan utama Google melakukan Panda dan Penguin Update adalah untuk menyaring kualitas website yang rendah yang mencoba berusaha untuk permainan peringkat dalam hasil pencarian Google tanpa memberikan banyak manfaat informasi yang terkandung dalam setiap kontennya. Lihat postingan terkait Hukuman Google Terhadap Over Optimasi

Google Panda

Fokus utama dari Google Panda adalah untuk menemukan situs yang penuh dengan konten berkualitas rendah lalu menghukum situs-situs tersebut dengan menyingkirkanya dari hasil pencarian teratas. Masalah yang berkaitan dengan duplikasi konten, sedikit konten dan atau artikel dengan kualitas rendah adalah semua masalah yang dinilai oleh algoritma Panda. Google Panda pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2011 dan telah melakukan update sekitar dua puluh empat kali dan akan terus sering melakukan pembaharuan untuk tetap memastikan dan menemukan situs mana yang benar menampilkan konten dengan kualitas tinggi.

Google Penguin

Diluncurkan sekitar setahun kemudian setelah Panda yang secara khusus akan menemukan situs dengan backlink yang tidak berkualitas, menembak kata kunci, dan over teknik optimasi SEO Google Penguin dirancang untuk fokus pada situs yang mengikuti Pedoman Webmaster Googe. Penguin digunakan untuk menemukan situs-situs yang terlibat dalam Black Hat SEO, yang merupakan teknik optimasi yang dapat meningkatkan peringkat sebuah website di hasil pencarian tanpa benar melakukannya dengan cara organik atau alami. Jadi, website yang diindeks dan ditampilkan oleh Google dalam hasil pencarian teratas, karena situs tersebut mematuhi pedoman webmaster yang telah diberikan Google. Tidak seperti Panda, Penguin hanya diperbarui beberapa kali sejak diluncurkan, tapi updatenya lebih komprehensif setiap kali mereka telah meluncurkan update terbarunya.

Cara Menghadapi Panda Update

Bagaimana cara menghadapi ketika Panda update? Cara terbaik untuk menghadapi Panda update adalah dengan memastikan bahwa konten situs sobat adalah asli dan menarik. Konten organik menjadi satu-satunya senjata yang paling ampuh, jadi segera perbaiki konten yang sobat curigai pernah dibuat dari hasil copy paste dan buatlah artikel yang benar-benar berkualitas, unik dan segar yang tidak pernah dimiliki situs lain.

Cara Menghadapi Panda Update

Lalu bagaimana cara menghadapi ketika Penguin update? Cara terbaik untuk menghadapi Penguin update adalah dengan memastikan bahwa semua link yang masuk dan keluar dari situs sobat hanya yang berkualitas tinggi. Jangan sekali-kali menggunakan teknis opmitasi dengan Black Hat SEO. Semoga bermanfaat. Salam Blogger. Baca juga Tips SEO Google Panda atau Penguin Update

3 Komentar untuk " Perbedaan Google Panda dan Penguin Update "