Motor Mini Depok

Jenis Web Hosting Berdasarkan Biaya


Haloo sobat, kali ini LM ingin membahas sedikit mengenai jenis web hosting berdasarkan biaya untuk melengkapi postingan sebelumnya yang berjudul “pengertian web hosting”. Dalam dunia internet, sebagian besar situs seperti blog kebanyakan tentunya tidak selalu berisi dengan ratusan halaman dan ribuan file ataupun gambar grafis karena pada umumnya sebuah blog hanya ditargetkan untuk kalangan tertentu. Karena itulah, jika sobat hanya sebagai salah satu pengelola blog harus mau tidak mau dan suka tidak suka tidak akan mendapatkan banyak pengunjung dari pada situs yang memiliki server besar seperti portal berita. Inilah yang menyebabkan, kenapa blog gado-gado tetap saja tidak mendapat ruang yang lebih besar ketimbang situs berita tersebut (seperti detik, kompas, viva, dll) meskipun konten yang disediakan sama-sama berisi berbagai macam informasi. Jawabannya satu, adalah karena situs-situs berita itu memang dari awal dibangun ditargetkan pada semua orang yang menggunakan internet dengan menggunakan sumber daya penuh dari sebuah web server yang dirancang untuk dapat menangani puluhan, bahkan ratusan website sekaligus menjadi adalah situs yang kuat dan dapat diandalkan.

Jenis Web Hosting

Jenis Web Hosting

Untuk lebih mengetahuinya, yuk sama2 kita mempelajarinya dengan mengetahui jenis web hosting berdasarkan biaya untuk berbagai keperluan, baik skala kecil maupun besar. Berikut urutan jenis web hosting berdasarkan biaya dimulai dari yang terkecil aatau paling murah.

Shared Hosting

Shared hosting adalah merupakan hanya sebuah konsep hosting yang lebih dari satu situs pada satu server tertentu. Shared hosting juga dikenal sebagai virtual hosting yang pada umumnya hampir kebanyakan dari semua situs di internet dijalankan dengan shared hosting karena sumber daya server nya dapat dibagi-bagi di antara berbagai klien host nya. Oleh karena itu, dari segi biaya, operasi server shared hosting lebih murah dibandingkan jenis layanan hosting lainnya. Shared hosting umumnya dirancang agar setiap klien dapat mengalokasikan sumber daya pada satu server di dalamnya. Untuk itu biayanya pun menjadi relatif bervariasi dengan tingkat pembayaran yang berbeda untuk menggunakan sumber daya seperti disk space, bandwidth, alamat email, dan sebagainya. Lihat sebelumnya Pengertian Web Hosting

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah menyewa penggunaan seluruh server tanpa harus berbagai dengan yang lain. Jika sobat memiliki atau berencana ingin membangun website yang kuat dan besar untuk mendapat banyak pengunjung, maka sobat harus memiliki sebuah server web semua untuk diri sendiri atau dikenal dengan istilah dedicated hosting. Dengan semakin berkembangnya permintaan untuk sumber daya situs yang besar, beberapa penyedia layanan hosting juga dapat menrediakan dedicated server yang tentunya juga dengan keamanan tambahan tanpa harus berbagi server dengan orang lain yang bisa melakukan suatu gangguan, baik tanpa sengaja atau sengaja. Selain itu, ada juga yang namanya semi dedicated hosting, di mana server web hanya dibagi antara jumlah yang sangat kecil dari klien, seperti hanya 2 sampai 4 klien, namun tetap dengan partisi yang kuat untuk mencegah klien mengganggu satu sama lain. Jenis dedicated hosting berdasarkan biaya tentu saja pasti lebih mahal lebih dari shared hosting.

Server Co-Location

Server Co-Location adalah sewa keamanan fisik, tenaga listrik secara terus menerus dan koneksi internet yang cepat dan handal untuk server sobat. Nah jika sobat ingin mengontrol penuh server web, sobat harus membeli satu dan dapat memelihara sendiri serber sobat. Namun untuk itu sobat harus memiliki pengetahuan yang cukup atau jika tidak sobat masih dapat menjaga server dengan mengunakan data center untuk mengantisipasi dari ancaman listrik mati, kerusakan fisik seperti kebakaran atau bencana alam, dan pencurian dengan menyimpannya di internet setiap saat . Data center dengan server co-location ini bisa menjadi alternatif yang lebih murah untuk dedicated hosting jika sobat memiliki keahlian dan waktu untuk menjalankan web server sendiri. Baca juga Cara Membuat Server Hosting Sendiri

3 Komentar untuk " Jenis Web Hosting Berdasarkan Biaya "