Motor Mini Depok

Cara Pindah Hosting ke Idhostinger


Hallo sobat LM... setelah blog ini menjadi TLD, LM ingin membagi pengalaman bagaimana cara pindah hosting ke idhostinger dengan harapan sobat LM yang baru pertama kali atau berencana ingin pindah hosting dari blogspot ke hosting gratis idhostinger mendapat kemudahan dalam prosesnya. LM mulai dengan pengalaman pribadi ya (karena LM juga baru pertama kali pindah hosting) dan sedikit mengalami kesulitan mencari berbagai artikel dan ataupun tutorial yang relevan namun tetap saja masih menemukan kesulitan bagaimana sebenarnya cara pindah hosting yang benar.

Cara pindah hosting ini LM lakukan di idhostinger, kemungkinan juga sama untuk para penyedia hosting lainnya meskipun pasti ada sedikit perbedaan tapi pada prinsip cara kerjanya sama. Sebelumnya, sobat harus mengetahui terlebih dahulu apa itu hosting? Hosting adalah hal yang berbeda dengan domain (silakan googling aja ya sob apa itu hosting dan domain), karena pada awalnya LM mengira melakukan custom domain blogspot cukup hanya dengan membeli domain tanpa hosting (karena LM pernah membaca salah satu artikel yang mengatakan kalau ingin custom domain blogspot hanya cukup membeli domain saja), ternyata LM salah. Jadi LM harap sobat tidak mengikuti kesalahaan yang sama. Baca postingan sebelumnya Akhirnya Blog LM Menjadi TLD

Baik, sekarang kembali ke keyword, pastikan sobat telah memiliki domain (jika sobat ingin memiliki TLD) kalau tidak percuma saja pindah hosting tetapi tetap mengunakan subdomain, kan lebih baik cukup blogspot saja, betul ga? Nah LM asumsikan sobat sudah memiliki, pastikan masukkan nama server ditempat sobat membeli domain dengan nama ns1.idhostinger.com dan seterusnya sampai ns4. Kalau sobat membeli domain di idhostinger, name server tidak perlu diganti karena secara default akan memberikan name server milik idhostinger.

Jika sudah, silakah masuk ke cpanel idhostinger pada tab menu hosting pilih “order hosting baru”, kemudian sobat pilih paket yang diinginkan (ada hosting gratis, premium dan bisnis), lalu masukan nama domain sobat (ada juga pilihan subdomain) dan membuat password. Setelah hosting untuk domain sudah jadi silahkan pilih “DSN Zone Editor”, lihat gambar berikut:

Cara Pindah Hosting

Kemudian masukkan A (Host) dan CNAME (Alias) seperti LM beri tanda lingkar merah pada gambar di bawah:

Cara Pindah Hosting ke Idhostinger

Nah sampai dilangkah ini sobat harus menunggu selama proses pointing (sekitar 1 x 24 jam), dan coba buka alamat domain sobat di browser akan ada tampilan file server milik idhostinger. Nah jika sobat sudah melihat tampilan “Google 404 Page” saat membuka domain sobat baru kemudian setting URL pihak ketiga pada akun blogpot sobat. Kenapa harus menunggu sampai ada tampilan Google 404 Page? Karena pastinya sobat tidak mau kan pengunjung blog sobat salah melihat karena selama pointing visitor nanti akan di redirect ke domain sobat yang masil ada tampilan idhostinger.

Baik, kembali ke keyword cara pindah hosting ke idhostinger, langkah terakhir setting URL pihak ketiga pada akun blogspot sobat, bisa lihat gambar ini:

Cara Pindah Hosting Blogspot

Setelah selesai silakan sobat buka kembali domain sobat di browser, trengggg... sobat telah berhasil pindah hosting ke idhostinger. Jika belum memiliki akun hosting, sobat bisa coba hosting gratis Indonesia langsung ke idhostinger. Salam Blogger.

14 Komentar untuk " Cara Pindah Hosting ke Idhostinger "