Motor Mini Depok

Desentralisasi dan Pembangunan Daerah


Desentralisasi dan Pembangunan Daerah - Pada gilirannya, pemahaman terhadap berbagai bentuk desentralisasi akan menghadirkan suatu kebutuhan pemerintah daerah untuk dapat mempunyai kemampuan untuk mengelola setidaknya tiga hal, yakni: kebijakan, sumber daya dan program. Dan kemampuan pengelolaan ini juga harus tetap dilandaskan pada semangat desentralisasi dalam tingkat kehidupan negara yang demokratis, masyarakat madani, dan good governance.

Desentralisasi dan Pembangunan Daerah

Desentralisasi dan Pembangunan Daerah

Dengan penyimpulan itu akhirnya dapat dikemukakan bahwa otonomi daerah sebagai cermin penyelenggaraan desentralisasi hanya akan bermakna positif kalau dikelola oleh suatu pemerintah daerah yang berkemampuan, baik dalam arti manajerial maupun dalam arti moral dan etika pemerintahan demokratis. Pertanyaannya adalah bagaimana mengupayakan berkembangnya pemerintah daerah yang demikian itu, dan terus mendorong peningkatan kualitasnya sejalan dengan meningkatnya kualitas kehidupan masyarakatnya. Baca sebelumnya Syarat-Syarat Perjanjian Kerja Bersama

Dalam konteks menjawab pertanyaan itulah, desentralisasi mempunyai hubungan erat dengan pembangunan daerah. Pertama, desentralisasi menyediakan kesempatan kepada pemerintah dan masyarakat daerah untuk merumuskan, berprakarsa dan melaksanakan program sesuai aspirasi, potensi, dan restriksi yang ada. Kedua, desentralisasi dengan demikian juga menyediakan kesempatan kepada pemerintah dan masyarakat daerah untuk membangun kemampuannya. Dalam hal ini, perwujudan civil society dan juga good governance akan sangat terdorong melalui penyelenggaraan desentralisasi. Namun demikian, desentralisasi juga bukan tanpa kendala. Kemampuan untuk menempatkan desentralisasi dalam konteks kehidupan nasional yang lebih luas juga tetap perlu diperlihara, agar desentralisasi justru tidak menjadi faktor destruktif dalam pembangunan nasional, antara lain melalui kecenderungan disintegrasi dan ketidaksamaan fiskal (fiscal incquality) antar daerah.

Untuk itu, dapat disimpulkan desentralisasi bermanfaat bagi pembangunan daerah sepanjang prinsip ini dapat mendorong berkembangnya kemampuan pemerintah daerah dan masyarakat yang berinteraksi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya.

Daftar Pustaka
Hamdi, Muchlis, 2002, Bunga Rampai Pemerintahan. Jakarta: Yarsif Watampone.
0 Komentar untuk " Desentralisasi dan Pembangunan Daerah "