Motor Mini Depok

Cara Mengembalikan File Hidden Virus


Untuk sebagian kalangan, dampak dari sebuah virus lokal yang dapat meng hidden sebuah file atau folder pada flashdisk pasti sangat mengesalkan, terlebih apabila baru kali pertama mengalami, pastinya rasa takut dan kuatir akan kehilangan data seperti menghantui. Karena biasanya virus dalam negeri ini kadang memang tidak terdetek oleh antivirus luar sana meskipun mempunyai nama merek besar sekalipun. Tapi jangan takut dulu, efek dari virus lokal biasanya hanya meng hidden file atau folder di flashdisk namun pada dasarnya tidak akan menghilangkan data tersebut meskipun dengan super hidden sekalipun. Sebut saja seperti virus yang sempat popular seperti recycler dan banyak lagi yang hampir serupa dengannya. Dulu LM juga pernah membahasnya cara membasmi virus recycler, namun pada kali ini LM akan mencoba membuat pengembangan alternatif lain bagaimana cara mengembalikan file yang ter hidden dan cara menghilangkan virus tersebut dengan mudah tetap tanpa download antivirus.

Cara Mengembalikan File Folder Hidden

hidden virus

#1 Buka notepad dan masukkan command code berikut:
attrib -s -h /s /d f:\*.*
attrib –s –h –r /s /d f:\*.*
rmdir /s /q f:\recycler
del /s /f f:\recycler
del f:\007.exe
del f:\*.lnk

f:/ adalah drive flashdisk. Jadi sobat bisa sesuaikan, biasanya bisa “f:\” atau “g:\” untuk dua partisi dalam satu hardisk. Command code tersebut pertama kali LM buat untuk menghilangkan virus recycler dan mengembalikan file serta folder yang ter-hidden termasuk menghapus shortcut nya (del f:\*.lnk). Untuk kasus yang baru LM temui virus bernama “comfrog.vbs” berada di folder “lost.dir “ jadi LM ganti “f:\recycler” menjadi “f:\lost.dir”. Untuk kasus seperti ini dua baris pada command code “attrib” juga sebenarnya sudah cukup untuk mengembalikan file dan folder yang ter hidden, untuk lainnya sobat bisa tambahkan sesuai keperluan .

#2 simpan atau save seperti “namafile.bat” contoh: “hiddenkiller.bat”
#3 Masukkan flashdisk USB yang terinfeksi
#4 Jalankan “hiddenkiller.bat” dan tunggu sampai proses selesai (automatic close)
#5 Buka flashdisk dan bentangkan beserta folder yang berada di dalamnya pada windows explorer
#6 Curigai forlder yang baru dibuat bersamaan saat flashdisk sobat terinfeksi, untuk memudahkannya gunakan view detail dan klik tab “data modified”. File atau folder pada urutan teratas merupakan terakhir kali dibut lalu delete file atau folder tersebut yang sobat curigai sebagai tenpat virus berinang. Selesai, semoga bermanfaat dan cara mengembalikan file hidden virus ini berhasil. Salam.

3 Komentar untuk " Cara Mengembalikan File Hidden Virus "