Motor Mini Depok

Cara Mengatasi Penguin Update


Hampir beberapa hari kebelakang ini LM dibikin pusing mencari cara mengatasi akibat dampak penguin 2.0 update setelah dilepas google. Sejak peluncurannya 22 mei lalu memang sangat LM rasakan adanya penurunan trafik jumlah pengunjung yang sangat signifikan. Mungkin sebagian besar sobat blogger juga mengalami hal yang sama dan berupaya mencari cara mengatasi penguin 2.0 update secara mudah dan cepat.

Penguin 2.0 Update

Penguin 2.0 Update

Memang belum LM temukan satu cara pun yang tepat untuk mengatasi penguin 2.0 dari hasil penelurusan, namun akhirnya LM coba mengevaluasi dan menganalisa kembali SEO yang LM terapkan dalam mengembangkan Blog ini. Setelah tidak pernah mengikuti kontes SEO, LM hanya membangun link building sekedarnya dalam optimasi artikel untuk kata kunci yang persaingannya sangat sedikit karena saat ini blog LM sudah dimonitasikan melalui adsense. Dugaan dasar LM terhadap menurunnya jumlah trafik akibat dampak penguin ini adalah link building yang sangat liar saat mengikuti kontes seo, bisa dibilang backlink dari manapun nancep untuk blog ini. Karena itu dugaan itu LM perkuat dalam membangun backlink saat ini tidaklah segencar saat melakukan optimasi artikel kontes, paling kalau dirata-rata 20-50 backlink untuk setiap artikel - itupun kalau sedang sempet - yang dibangun berusaha mengikuti tips seo penguin update berdasarkan pedoman kualitas google.

Setelah melalang buana mencari solusi perkembangan SEO namun tidak ada satu artikel, baik dari dalam maupun ahli SEO luar negeri yang mengulas tentang bagaimana cara mengatasi dampak penguin 2.0 dengan cepat, sebagian besar postingan hanya membahas apa itu penguin 2.0 update yang sumbernya sudah dibocorkan langsung oleh kepala spammer google Matt Cutts. Namun ada satu postingan dalam negeri (LM lupa nama TLD-nya, maaf ya) meskipun judul yang diberikan adalah cara mengatasi penguin 2.0 update namun ulasannya tidak sepenuhnya berkaitan dengan itu, tapi dalam artikel tersebut empunya memberikan solusi dengan cara unik yakni dengan membuat stiker (off line page) agar dapat mendatangkan pengunjung yang penasaran dengan tulisan dalam stiket tersebut. He, hee,, boleh jg nh jd masukan yang beharga, nanti coba LM terapkannya dengan memasang stiker di spakbor belakang motor, kebetulan pekerjaan LM kadang berkeliaran dijalan menggunakan motor, ya kalau ditargetkan dua ribu pasang mata melihat dan setengah pasang matanya penasaran lalu mencari di google kan lumayan dapet tambahan trafik. LOL. Ups cukup sampai disini ya ngawurnya.

Kembali ke pokok masalah, intinya beberapa hari LM buntu akal semakin melihat jumlah pageview blog yang semakin menurun sambil mencoba menganalisa blog yang nongkrong di SERP untuk kata kunci naik daun dalam minggu terakhir, setelah berkunjung ke blognya ternyata blog tersebut sangatlah baru yang kalau secara kasar LM bilang pageview mungkin tidak lebih dari satu ribu, pertanyaannya adalah kenapa blog itu bisa manteb berada di posisi puncak. Kembali LM menduga, yakni konten adalah raja, ya blog tersebut memang terlihat baru namun dalam artikel tersebut terdapat sesuatu yang segar (fresh content) atau konten unik dan baru serta diperkaya dengan jumlah kata yang terdapat didalamnya, kalau LM hitung ngasal mungkin ada sekitar empat ratus kata sampai lima ratus kata dalam setiap artikel. Dengan demikian, hipotesanya adalah jika tidak ingin terkena hukuman google sekaligus postingan sobat bisa berada di top SERP buatlah konten unik yang segar, semakin baik sobat menulis sebuah artikel semakin baik posisi blog di serp.

Masih dalam kebingunan, kemudian LM teringat dengan google disavow, dengan mengambil resiko tinggi LM upload semua backlink tanpa terkecuali hasil unduhan langsung dari google webmaster. Tanpa berpikir peringatan yang diberikan terhadap kinerja situs pada hasil pencarian, masalah backlink berkualitas yang ada LM pikir nanti bisa dicari lagi, yang terpenting membuat blog ramai pengunjung kembali dan segera pulih dengan cepat setelah amukan penguin 2,0. Memang efeknya tidak cepat dirasakan, namun belakangan sampai artikel ini dibuat, berdasarkan google anlystic blog LM mulai berangsur-angsur menunjukkan perkembangan trafik dari kata kunci yang dibidik sebelumnya. Sampai disini, LM cuma berharap ke depan blog ini dapat pulih total, bukan malah sebaliknya. Mudah2an.

Cara mengatasi penguin 2.0 update yang ditulis berdasarkan analisa dan pengalaman ini tidak LM anjurkan untuk diikuti, karena masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahkan mungkin terdapat banyak faktor yang menyebabkan blog terkena dampak penguin. Oleh karena itu diperlukan evaluasi dan analisa dari masing2 sobat sebagai admin blog sendiri yang lebih mengenal karakteristik blog dan cara optimasi yang pernah dilakukan. LM hanya berharap semoga tulisan ini bisa membuka wacana baru yang dapat sobat kembangkan dalam mencari cara mengatasi penguin sekaligus memberikan penyelesaian masalah blog yang terkena dampak penguin 2.0 update ini. Salam Blogger.

5 Komentar untuk " Cara Mengatasi Penguin Update "