Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD SMP



Kurikulum 2013 memang menjadi wacana belakangan ini yang dilakukan sebagai bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan. Namun juga banyak pihak yang memberikan pendapat bahwa Kurikulum 2013 ini akan sangat sulit untuk diimplementasikan dan beberapa pihak juga menyebutkan akan gagal. Disamping itu semua, nisn sebenarnya perubahan apa sih yang terdapat dalam mata pelajaran kurikulum 2013 SD SMP, berikut hasil penelusuran LM.

Mata Pelajaran Kurikulum 2013

Mata Pelajaran Kurikulum 2013

Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD

Mata pelajaran yang diajarkan yakni Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani-Olahraga serta Kesenian.

Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SMP

Mata pelajaran yang diajarkan yakni Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, dan Prakarya.

Alasan dibuat kurikulum 2013 adalah karena mata pelajaran yang berlaku terlalu padat dan tidak efisien serta banyak materi hanya membebani siswa dan tak banyak digunakan dalam kehidupan nyata siswa. Orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Untuk info lebih lengkap mengenai struktur kurikulum 2013 silakan menuju website resmi di http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-4

6 Komentar untuk "Mata Pelajaran Kurikulum 2013 SD SMP"

kita lihat saja nanti bagaimana implementasinya, jangan pesimis dulu dengan kurikulum baru 2013. karena saya pikir, perubahan kurikulum itu penting untuk mengikuti perkembangan zaman saat ini.


http://takorub.blogspot.com/

makasih mas atas informasinya..
saya masih SMP jadinya harus nyimak betul betul nih, dan tahun depan saya kelas 9, dan harus menghadapi 20 jenis soal

Kurikulum 2013 ini kurang pas jika diberlakukan untuk anak eks-RSBI. Mereka sudah sangat maju dalam pelajarannya.Jikalau kurikulum 2013 ini diberlakukan untuk anak eks-RSBI berarti kemunduran pendidikan bagi mereka,ibarat anak yang sudah bisa berlari dipaksa merangkak lagi.

Pendidikan Moral Pancasila kok dihapus dri kurikulum sekarang ya? pantas aja siswa SMP SMA pada hobby tawuran, sebaiknya dikembalikan saja ke Kurikulum 1984. kurikulum zaman dahulu terbukti bisa mendidik dan membentuk karakter siswa menjadi siswa yang berdisiplin dan bermoral.

kabarnya juga dlm prakteknya akan dilakukan secara bertahap. yang menggunakan kurikulum terbaru secara berurutan: tahun 2013/14=>SD kls 1&4, SMP=>kls 7, SMU=>kls 10

tahun 2014/15 baru ditambahkan: SD=>kls 2&5, SMP=>kls 8, SMU=>kls 11

tahun 2015/16: semua tingkatan kelas.

info ini tdk banyak yg mengetahui karena memang tdk tertulis, mungkin utk penyesuaian sbg antisipasi kegagalan.
Wallahu 'alam.

saya tidak setuju dengan mata pelajaran tingkat SD dan SMP .... TIK hilang ???????
mau jadi apa Indonesia kalau generasi penerus bangsa akan gagal akan teknologi.......

mau maju gak........
mau berkembang gak.....
katanya generasi pemuda harus membuat inovasi baru lewat teknologi IT yang ada......

menteri nya gimana nih.....
jangan seenaknya sendiri.....

ini pelajaran yang paling perlu .... saya yakin dan pasti kalau tidak ada pelajaran TIK lihat aja nanti hancur ato tambah baik....

terima kasih....