Motor Mini Depok

Tips SEO Google Panda atau Penguin Update


Tips SEO Google Panda atau Penguin Update - Baru-baru ini Google telah merilis algoritma update baru difokuskan untuk pelanggar pedoman Google yang disebut dengan Penguin Update. Tugas utama Penguin Update ini adalah untuk membabat habis situs-situs Webspam yang kerap melakukan over optimasi yang tentu saja sangat menggangu pada hasil pencarian organik. Namun sangat disayangkan, bukan hanya situs webspam saja yang menjadi target Penguin Update namun situs atau blog yang melakukan optimasi secara natural juga terkena dampaknya dan dianggap over optimasi, termasuk LM sendiri ikut merasakan dampak ini, mulai dari halaman untuk keperluan kontes Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda yang dioptimasi tidak mendapat tempat bagus di SERP, bahkan masih di antah berantah dan sampai penurunan trafik yang cukup drastis. Ya paling tidak artikel untuk kontes itu masih di indeks oleh Google,, siapa tau nanti si mbah sedang berbaik hati kepada LM, sambil terus berharap dapat SERP bagus setelah Google Panda atau Penguin Update ini. :)

Lalu bagaimana cara menghadapi Google Panda atau Penguin Update ini? Sebenarnya Google telah memberikan banyak panduan dan elaborasi pada pedoman kualitas dalam pusat bantuan Google yang baik untuk mengoptimalkan suatu halaman (SEO). Berikut Tips SEO Google Panda atau Penguin Update yang LM sadur dari Google Quality Guidelines kemudian diterjemahkan secara bebas dan ringkas. Mungkin pedoman kualitas dari pusat bantuan Google ini dapat berguna buat sobat yang sedang memulai belajar SEO, namun paling tidak ini dapat menjadi pengingat buat LM pribadi. Berikut ringkasannya:

1) Hindari teks tersembunyi atau link tersembunyi
Link tersembunyi adalah mereka link yang terbaca bagi Manusia (pembaca) tetapi dimaksudkan untuk dapat dijelajahi oleh Google bot. Beberapa orang membuat link di situs Web mereka Tersembunyi dengan menggunakan warna teks yang sama dan warna latar belakang atau menggunakan link di tanda hubung dalam sebuah paragraf. Praktek-praktek ini menipu dan Google akan menghapus situs anda dari indeks mereka.

Harus Anda Hindari Praktek Berikut:
- Menggunakan teks putih pada latar belakang putih.
- Menyembunyikan teks dibalik gambar.
- Menggunakan CSS untuk menyembunyikan teks dan link.
- Mengatur ukuran font pada halaman Anda ke 0.

2) Jangan menggunakan cloaking atau Doorway Pages
Cloaking berarti praktek menampilkan konten yang berbeda atau URL untuk pengguna & mesin pencari. Sebagai contoh, Menyajikan halaman teks HTML untuk mesin pencari, sementara presentasi sebuah halaman gambar atau Flash untuk pengguna. Doorway pages adalah halaman web yang dibuat untuk spamming indeks mesin pencari dengan memasukkan hasil untuk kata kunci tertentu dengan tujuan mengirimkan pengunjung ke halaman yang berbeda. Mereka juga dikenal sebagai bridge pages, jump Pages, entry pages, portal pages, and gateway pages. Halaman ini dibuat dengan maksud untuk mengirimkan lalu lintas ke halaman afiliasi. Hindari praktek-praktek dari mesin pencari memanipulasi dan menipu pengguna untuk menghindari segala bentuk larangan dari Google.

3) Hindari Query Pertanyaan otomatis ke Google
Hindari mengirim segala jenis query otomatis ke Google. Ada banyak perangkat lunak tersedia hari ini untuk memeriksa bagaimana sebuah website atau peringkat halaman web dalam hasil pencarian Google. Perangkat lunak ini mengigirim query otomatis ke Google dan menyerap sumber daya yang dapat mengakibatkan melarang situs dari indeks Google.

4) Jangan memuat halaman dengan kata kunci tidak relevan (Keyword Stuffing)
Isian kata kunci adalah praktek loading halaman web dengan terlalu banyak kata kunci dalam upaya untuk memanipulasi peringkat sebuah website dalam hasil pencarian Google. Jenis praktek dapat mengakibatkan pengalaman pengguna negatif dan juga dapat membahayakan peringkat website. Hindari semua jenis teknik Over Optimasi dari halaman web.

5) Hindari membuat beberapa halaman, domain, atau subdomain dengan duplikat konten
Jika situs Anda berisi beberapa halaman dengan konten yang hampir sama, maka Anda dapat menggunakan teknik yang disebut "Canonicalization" untuk menunjukkan URL pilihan Anda ke Google. Anda dapat menggunakan "redirects 301" dan Webmaster Tools untuk menangani konten yang identik. Atau hanya mencoba untuk meminimalkan konten serupa.

6) Hindari membuat halaman dengan perilaku berbahaya
Perilaku berbahaya mencakup segala macam perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak komputer atau jaringan seperti Virus, Trojans dan badware. Google segera menginformasikan webmaster tentang situs mereka yang ditandai sebagai berbahaya dan dilarang dari Indeks Google. Jadi, lakukan pengecekan Alat Webmaster sehari-hari.

7) Gunakan Afiliasi Pemasaran tetapi hanya jika Anda menyediakan konten unik dan relevan
Jangan mencoba untuk meningkatkan peringkat halaman Anda dan menarik pengunjung dengan membuat halaman dengan banyak kata tapi konten asli sedikit atau tidak ada dan menghubungkan halaman-halaman untuk program pemasaran afiliasi.

Panduan Kualitas - Prinsip Dasar
  1. Buatlah halaman situs Anda terutama untuk pembaca, dan bukan untuk mesin pencari.
  2. Hindari menggunakan teknik Black Hat SEO. Black Hat SEO mengacu pada teknik yang digunakan untuk mendapatkan peringkat pencarian yang lebih tinggi dengan cara yang tidak etis.
  3. Jangan berpartisipasi dalam Skema Link Exchange Building atau Link Building Berbayar untuk meningkatkan peringkat situs atau PageRank.
  4. Jangan gunakan program komputer yang tidak sah untuk mengirim halaman, mengecek ranking, dll jenis program tersebut mengkonsumsi banyak sumber daya komputasi dan melanggar TOS Google. Google tidak merekomendasikan penggunaan program-program seperti WebPosition Gold ™ yang mengirim perintah otomatis/terprogram ke Google.

Petunjuk Teknis
  1. Memantau kinerja dan mengoptimalkan beban situs. Jika situs Anda mengambil terlalu banyak waktu untuk memuat, Google dapat mendorong peringkat Anda. Tujuan utama dari Google adalah untuk menyediakan pengguna dengan hasil yang paling relevan dan pengalaman pengguna yang luar biasa. Situs Cepat meningkatkan kepuasan pengguna dan meningkatkan kualitas keseluruhan web.
  2. Gunakan robots.txt di situs Anda untuk mencegah crawling dari halaman hasil pencarian atau otomatis dihasilkan halaman yang tidak menambah nilai lebih bagi pengguna yang datang dari search engine.
  3. Lakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa iklan tidak mempengaruhi peringkat mesin pencari. Misalnya, iklan AdSense Google dan link DoubleClick yang diblokir tidak ditelusuri oleh file robots.txt.
  4. Uji website Anda untuk memastikan bahwa itu muncul dengan benar di browser yang berbeda.

Desain dan Isi Pedoman
  1. Membuat website dengan hirarki yang jelas dan teks link. Setiap halaman harus dapat dicapai dari setidaknya satu link teks statis.
  2. Jauhkan link keluar pada halaman Web Anda ke nomor yang wajar.
  3. Jika situs Anda berisi banyak gambar. Kemudian gunakan kata kunci yang relevan dalam Atribut ALT pada gambar.
  4. Secara teratur memeriksa link yang rusak di website Anda dan memperbaikinya.
  5. Menulis konten asli dan kualitas tinggi.

Mungkin itulah sedikit saduran mengenai Tips SEO Google Panda atau Penguin Update. Lalu, apakah blog sobat juga kena dampak dari Google Panda atau Penguin Update? Bagi pengalaman sobat dalam komentar di bawah. Sobat dapat memasukkan url blog, kemudian bantu Google untuk indeks bakclink sobat pada halaman ini dengan klik +1, tweet n like... Trims. Salam Blogger..!!!

55 Komentar untuk " Tips SEO Google Panda atau Penguin Update "