4 Manfaat dan 3 Cara Mudah Push-up yang Tepat



Hllo Sobat LM...!!! Sobat tentunya masih ingat bagaimana pertama kali diajarkan untuk melakukan push up yang benar kala sedang belajar mata pelajaran olahraga di sekolah dasar. Sampai saat kini, gerakan sederhana ini masih bertahan sebagai salah satu olahraga yang efektif untuk memliki badan yang sehat dan indah. Apa yang membuat push up begitu menjadi gerakan jitu dalam setiap kali latihan olahraga dan apa manfaatnya? Push-up merupakan gerakan yang terbaik untuk seluruh tubuh, meliputi pada bagian atas seperti dada, lengan, otot bisep dan trisep, bahu, serta punggung. Dan jika dilakukan dengan sesuai, gerakan ini akan melatih kaki. Belum lagi, gerakan mendorong pada push-up akan memperkuat lengan dan jantung. Push-up bisa dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, karena dalam Push-up ada banyak variasi gerakan dan sobat dapat mengubah tingkatnya sesuai dengan keahlian. Oleh karena itu, lakukanlah push-up sesuai dengan kemampuan. Yuk disimak berikut tiga cara push up yang benar sesuai dengan kemampuan dan keahlian tentunya.

Push Up Yang Benar

cara push up yang benar

1. Pemula: Push-up di dinding
Letakkan kedua telapak tangan ke dinding, lalu bengkokkan lengan Anda berulang seperti gerakan push up biasa hingga 20 kali dengan berdiri. Bila sudah terbiasa, mulailah berikan tekanan pada gerakan dengan bergerak perlahan. Setelah itu, coba lakukan hanya dengan satu tangan atau sambil melepas kedua tangan dari dinding.

2. Intermediate: Push-up berlutut
Posisikan tubuh seperti push-up, tetapi bukan bertumpu pada kaki, melainkan lutut di lantai. Letakkan dulu handuk atau matras di bawah lutut agar tak sakit. Letakkan tangan sejajar dengan bahu. Pastikan ujung jari menghadap ke depan. Silangkan kaki saat membungkuk Turunkan dada sampai sekitar 3 inci dari lantai dan tekan kembali ke posisi awal.

3. Advanced: Push-up sempurna
Posisikan tubuh untuk push-up dengan lutut menjauhi lantai dan tumpuan berada para ujung kaki. Jangan biarkan punggung melengkuk, pertahankan agar tetap lurus. Tak apa bila Anda hanya bisa melakukan satu atau dua kali gerakan pada awalnya. Biasakan saja terlebih dahulu hingga Anda mahir melakukannya dengan benar.


1 Komentar untuk "4 Manfaat dan 3 Cara Mudah Push-up yang Tepat"