Motor Mini Depok

Tips Agar Ban Kendaraan Kebal Ranjau Paku


Hallo Sobat LM...!!! Apa jadinya jika ban bocor ketika di jalan, padahal kita tengah diburu-buru waktu. Terlebih lagi dewasa ini sudah banyak aksi para penebar ranjau yang membuat pengguna jalan baik motor maupun mobil harus lebih ekstra berhati-hati. Untuk mengantisipasinya, beberapa produsen aksesoris membuat produk unik yang bisa membuat ban mobil atau motor tahan atau kebal terhadap paku. Antara lain seperti Auto Tire Seal atau cairan sejenis lainnya yang dimasukkan ke dalam ban. Ada juga yang menamakannya sebagai lem magic yang bisa menambal lubang bocor seketika ketika paku menusuk ban.

Ban Kebal Rajau Paku

Ban Kebal Ranjau Paku

Pemakaian cairan ini lebih baik digunakan pada ban yang masih dalam keadaan baru. Bisa digunakan pada ban tubeless atau ban yang memakai ban dalam. Kalau penggunaan pada ban dalam, cairan ini digunakan sebelum dimasukkannya ban dalam. Dan daya tahan cairan ini sesuai dengan usia ban para pengendara, tidak lengket, tahan terhadap suhu bagaimana saja, dan yang paling penting cairan ini ramah lingkungan. Cairan ini akan lebih efektif bila digunakan sesuai dengan ukuran yang dianjurkan. Untuk kendaraan roda dua lebih baik diisi 250 ml satu ban, sedangkan mobil 500 ml. Cairan ini juga bisa digunakan pada ban sepeda. Dan untuk sepeda lebih baik diisi sebanyak 125 ml.

Di saat pengendara mendapati ada paku yang tertancap pada ban, disarankan untuk langsung mencabut paku atau benda tajam lainnya sesegera mungkin dengan cara menggoyangkan paku tersebut secara perlahan. Jika masih terdapat kebocoran, putar ban hingga cairan tersebut menutupi lubang akibat paku yang tertusuk di ban. Cara pemakaian cairan khusus anti bocor ini sebagai berikut:

1. Kocok terlebih dahulu sebelum digunakan.
2. Biarkan keadaan ban tanpa ada angin.
3. Pasang selang pengisian yang terdapat pada botol. Ini bisa dilakukan melalui pentil ban, atau dengan membuka celah disisi ban dan pelek. Lalu masukkan cairan tersebut.
4. Pastikan pentil tertutup rapat dan isi kembali ban dengan angin yang cukup.

Dan sekarang ban anda dijamin gak bakal mempan ditusuk paku. LM

0 Komentar untuk " Tips Agar Ban Kendaraan Kebal Ranjau Paku "