Peristiwa Masa Lalu yang Paling Mengerikan



Foto-Foto Peristiwa Masa Lalu Yang Paling Mengerikan dan Tidak Terlupakan - Foto atau gambar dari masa lalu adalah pengingat atas kengerian tak terkatakan dan penderitaan yang telah menjadi bagian dari sejarah kita di dunia yang penuh dengan kekacauan ini. Tidak ketinggalan kebrutalan yang tidak diinginkan oleh umat manusia itu sendiri memberikan konstribusi pada kenyataan bahwa sulit membedakan mana manusia dan mana monster.



Berikut adalah beberapa foto paling menyedihkan, paling mengerikan, paling mengejutkan dan bikin syok yang pernah diambil:
Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang
Di atas adalah foto awan berbetuk jamur akibat bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki saat perang dunia II. Amerika Serikat melepaskan dua bom atom di dua kota penting Jepang yaitu di Hiroshima yang menewaskan 90,000-166,000 orang dan di Nagasaki yang menewaskan 60,000-80,000 orang.
Eksekusi Seorang Tentara Viet Cong
Foto di atas, berjudul “Jenderal Nguyen Ngoc Loan mengeksekusi seorang tahanan Viet Cong di Saigon”, dianggap sebagai salah satu foto yang paling terkenal dalam sejarah jurnalistik. Seorang fotografer Amerika, Edward Adams, dianugerahi sebuah Pulitzer Prize untuk foto ini yang memperlihatkan Kepala Polisi Nasional Vietnam Selatan mengeksekusi seorang tentara Viet Cong.
Serangan 11 September 2001 (9/11)
Pada tanggal 11 September 2001, teror melanda Amerika ketika dua pesawat penumpang diduga dibajak oleh Al-Qaeda menabrak menara kembar World Trade Center di New York City, yang diklaim menewaskan hampir 3000 orang tidak berdosa. Beberapa foto dalam tragedi ini menunjukkan sejumlah orang melompat dari gedung untuk menghindari ledakan setelah pesawat yang dibajak tersebut menabrak menara kembar WTC.
Penjara Abu Ghraib
Setahun setelah invasi Irak tahun 2003 atau pada awal tahun 2004, laporan mengejutkan tentang penyiksaan, pemerkosaan dan pembunuhan para tahanan yang ditahan di penjara Abu Ghraib mulai muncul ke permukaan yang kemudian menjadi perhatian publik. Tindakan tidak berperikemanusiaan ini dilakukan oleh personil Militer Angkatan Darat Amerika Serikat bersama dengan lembaga-lembaga pemerintah tambahan AS.
Anak Kecil dan Burung Pemakan Bangkai
Foto ini diambil oleh seorang fotografer Afrika Selatan, Kevin Carter, menunjukkan seorang anak di Sudan yang sedang kelaparan berhenti untuk beristirahat saat merangkak menuju tenda makan PBB. Di dekat anak kecil itu berdiri seekor burung pemakan bangkai yang dengan sabar menunggu si anak kecil itu meninggal untuk dimakan.
Tak seorang pun yang tahu apa yang terjadi pada anak kelaparan itu. Fotografer Kevin Carter yang memenangkan Pulitzer Prize atas foto tersebut bunuh diri tiga bulan setelah ia mengambil foto mengerikan dan memilukan itu.
Seorang Ayah Palestina Yang Melindungi Putranya
Foto-foto di atas adalah bingkai dari adegan mengejutkan yang ditangkap oleh 2 kameraman asal Perancis di dekat Jalur Gaza. Rekaman itu menunjukkan seorang ayah Palestina, Jamal al-Durrah, mencoba untuk melindungi putranya yang berumur 12 tahun, Muhammad al-Durrah, dari tembakan sementara bersembunyi di balik dinding beton. Jamal al-Durrah memberikan sinyal dan memanggil pasukan Israel di luar sana untuk menghentikan tembakan. Putranya mati tertembak dan dia sendiri terluka parah.
Hector Pieterson (Pemberontakan Soweto)
Hector Pieterson menjadi ikon pemberontakan Soweto tahun 1976 di Afrika Selatan. Dia tewas pada usia 12 tahun ketika polisi menembaki mahasiswa yang sedang berdemontrasi. 16 Juni 1976 ditetapkan sebagai hari perlawanan terhadap kekejaman pemerintah yang memilih kasih terhadap kulit hitam dan kulit putih, dimana kulit hitam harus membayar jika ingin bersekolah, membayar pajak dengan lebih, dan segalanya yang merugikan pihak kulit hitam.. Saat ini dikenal sebagai Hari Nasional Pemuda. Foto di atas menunjukkan Hector Pieterson yang tewas sedang diangkat oleh seorang mahasiswa.
Pemakaman Seorang Anak Yang Tidak Dikenal (Bencana Bhopal)
Foto di atas menunjukkan salah satu dari 3.787 korban yang disebabkan oleh bencana Bhopal tahun 1984 dimana gas beracun (MIC) dilepas oleh Union Carbide India Limited, diikuti dengan pertisida tanaman yang mana diperkirakan menimbulkan 40.000 kasus penyakit atau kecacatan yang disebabkan oleh paparan gas.
Menghukum Mati Pria Muda Berkulit Hitam Tanpa Pemeriksaan Pengadilan
Foto mengerikan ini menunjukkan hukuman mati dua pria kulit hitam muda tanpa pengadilan yang dituduh memperkosa seorang wanita berkulit putih dan membunuh pacarnya. Suka cita tampak di wajah massa yang menghukum dua pria kulit hitam tersebut yang telah menjadi bangkai setelah disiksa.
Eksekusi Orang Yahudi Terakhir dari Vinnitsa
Foto di atas adalah Orang Yahudi Terakhir dari Vinnitsa, Ukraina, (kiri) pada tahun 1941 dimana seorang Yahudi berlutut di depan sebuah kuburan massal akan dieksekusi oleh seorang anggota sebuah regu maut paramiliter, Einsatzgruppe D. Foto tersebut diambil dari album pribadi seorang tentara Einsatzgruppen. 28.000 orang Yahudi dari Vinnitsa dan sekitarnya dibantai pada waktu itu. LM

Suka artikel ini ?

About AyuNk Syah

Admin Blog