Motor Mini Depok

10 Peristiwa Unik Pasca Reformasi di Negeri Ini


Tidak terasa reformasi sudah berjalan lebih dari 10 tahun. Dalam rentang waktu tersebut telah terjadi berbagai peristiwa yang rasanya tidak terbayangkan pada masa orde baru. Di antaranya adalah 10 peristiwa berikut ini:

1. Presiden Wanita Pertama
Hal ini bukan lagi unik, karena sudah diketahui umum oleh bangsa Indonesia. Megawati Soekarno Putri terpilih menjadi pada tanggal 23 Juli 2001 oleh MPR secara aklamasi menggantikan Gus Dur.

2. Gubernur Wanita Pertama
Pada tanggal 11 Januari 2002, Hj. Ratu Atut Chosiyah resmi menduduki jabatan Wakil Gubernur Banten.Pada awal tahun 2006, dia dipercaya sebagai Plt. Gubernur Banten. Selanjutnya beliau resmi menjadi Gubernur Banten dan terpilih kembali.

3. Bupati Termuda
Muri mencatat Bupati termuda adalah Rusdi Masse, Bupati Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan yang lahir pada tanggal 3 Maret 1973. Pada tanggal 3 Agustus 2010, Muri menganugrahkan gelar tersebut kepada Yopie Arianto, Bupati Indragiri Hulu yang dilantik pada usia 30 tahun tiga bulan 23 hari. Mardani H. Maming, Bupati Tanah Bumbu Propinsi Kalimantan Selatan berhasil mematahkan rekor Yopie tersebut karena dilantik dalam usia 29 tahun.

4. Bupati Gadis Pertama
Dra. Rustriningsih, Msi, yang lahir di Kebumen, 3 Juli 1967 dilantik menjadi Bupati Kebumen pada tahun 2000 meninggalkan jabatan anggota DPR hasil pemilu 1999. Rustri baru menikah 1 tahun menjelang akhir jabatannya, yakni pada tahun 2004. Bupati gadis pertama Indonesia tersebut, terpilih kembali untuk periode 2005-2010. Pada tahun 2008 terpilih sebagai wakil gubernur wanita pertama Jawa Tengah periode 2008-2013.

5. Bupati Istri Pengganti Suami
Widya Kandi Susanti terpilih menjadi Bupati Kendal pada tanggal 7 Juni 2010. Suaminya merayakannya di bui. Suaminya Boedoro adalah Bupati Kendal periode 2000-2005 dan 2005-2007 yang dihukum karena perkara korupsi.

6. Bupati Suami Istri
Ratna Ani Lestari terpilih sebagai Bupati Banyuwangi Propinsi Jawa Timur pada Pilkada langsung 2005. Ratna Ani Lestari adalah istri Prof.Dr.drg. I Gede Winasa. Suaminya pada waktu bersamaan adalah Bupati Jembrana Propinsi Bali.

7. Bupati Pacar Bupati
Saat Bupati Sumedang, Don Murdono, SH dilantik pada usia 44 tahun, Bupati Kebumen Rustriningsih memeluk dan mencium Don. Dikabarkan keduanya sedang berpacaran sejak tahun 1999.

8. Istri Tantang Suami Calon Bupati
Bupati Bone Bolango Ismet Mile tampil sebagai calon bupati Bone Bolango Provinsi Gorontalo periode 2010-2015 berpasangan dengan Ibrahim Ndau. Pasangan ini akan menghadapi tantangan dari Ruwaida Mile, istri Ismet Mile yang diusung Partai Kebangkitan Nahdhatul Umat (PKNU).

9. Pasangan Pemimpin Bernama Sama
Tanggal 8 Agustus 2010 bukan hanya hari bersejarah bagi rakyat Kalimantan Selatan, tetapi juga oleh rakyat Indonesia, karena pada hari itu, pasangan yang bernama sama dengan slogan Dua Rudi, yakni Rudy Arifin dan Rudy Resnawan dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan.

10. Keluarga DPR
Pemilu 2009 merupakan berkah bagi keluarga ini. Rias Nawang Kartika dari PDIP, Rias Judikari Drastika dari Golkar, Amir Ragil dari PKB dan Evi Zainal Abidin dari Demokrat terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Pasuruan. Keempat kakak beradik tersebut bertambah bahagia karena suami Rias Judika yakni Udik Januantoro dari Golkar juga duduk. Selain Rias Judika yang dari Dapil I, keempat saudara dan ipar sama-sama dari Dapil V Pasuruan. LM

1 Komentar untuk " 10 Peristiwa Unik Pasca Reformasi di Negeri Ini "