Motor Mini

Apa Itu .htaccess dan Kegunaannya?


Apa itu .htaccess dan Kegunaannya? Hallo sobat LM, seperti kitehaui secara umum meskipun .htaccess adalah hanya sebuah file, tapi .htaccess juga dapat unutk merubah setting suatu webssite yang ada di server dan dapat pula mengijinkan sobat untuk melakukan banyak hal, seperti membuat halaman 404 (halam tidak ditemukan) versi sobat sendiri. Cara menggunakan .htaccess itu sendiri tidaklah sulit untuk digunakan karena pada dasarnya sobat hanya perlu memasukkan beberapa instruksi yang sangat mudah dalam sebuah text file yang kemudian sobat simpan dengan nama .htaccess. Yuk sama2 kita ulas sedikit mengenai apa itu .htaccess dan apa saja kegunaannya.

.htaccess

apa itu .htaccess

Apa Itu .htaccess?

.htaccess adalah adalah sebuah file unutk konfigurasi yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan web hosting yang berfungsi untuk mengubah pengaturan default dari setbuah situs.

Apa kegunaan .htaccess?

Berikut beberapa kegunaan .htaccess
  • Mem-proteksi Folder / Melindungi Folder dengan password
  • Mengalihkan pengunjung website anda dengan otomatis
  • Membuat halaman pesan tampilan error anda sendiri
  • Menolak pengunjung dengan IP Address tertentu
  • Merubah extensi file anda
  • Hanya mengijinkan pengunjung dengan IP Address tertentu
  • Mengijinkan/Menolak list direktori

Nah, jika sobat berencana ingin membangun sebuah website dengan self hosting, ada baiknya sobat mengunjungi satu halaman dari situs nimhost untuk lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan secara optimal .htaccess di server sobat. Jika sobat dalam masa pembelajaran, ada baiknya sobat terlebih dahulu menggunakan hosting gratis indonesia terbaik dan jika sobat merasa sudah cukup memiliki bekal untuk membangun sebuah situs atau blog ke tingkat lanjutkan lebih baik sobat memutuskan untuk membeli domain dan sewa hosting sendiri karena sobat akan merasakan sendiri manfaatnya dalam mendatangkan banyak pengunjung ke website sobat. Salam

3 Komentar untuk " Apa Itu .htaccess dan Kegunaannya? "